December 3, 2020

INDEGENOUS FORCES 

INDEGENOUS FORCES INDEGENOUS FORCES 

  Yang dimaksud dengan kekuatan dari dalam adalah kekuatan yang ada dalam masyarakat  itu sendiri untuk berkembang. Ini sangat penting untuk terjadinnya perkembangan. Jadi harus ada kehendak untuk menaikan tingkat hidup masyarakat tersebut. Kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar masyarakat  dapat mendorong dan memberikan fasilitas-fasilitas  pada kehendak untuk berkembang, namun kekuatan dari luar hanya merupakan pelengkap, dan tidak bisa menggantikan kekuatan-kekuatan yang  berasal dari masyarakat itu sendiri. Bantuan luar negri belum tentu menjamin terus berkembangnya perekonomian tersebut. Pendeknya, sebelum kehendak untuk berkembang  maka dorongan-dorongan atau stimulasi-stimulasi dari luar  tidak membawa banyak perkembangan.  Lagi pula bantuan luar negri yang berupa investasi  asing akan cenderung dimanfaatkan modalnya  kearah sumber-sumber alam untuk pasar dunia.  Dan belum tentu hal ini menguntungkan, masyarakat setempat. Karena itu untuk menghindari hal-hal yang merugikan, prakarsa dan pengaturan lembaga-lembaga masyarakat untuk perkembangan harus tumbuh dari dalam masyarakat itu sendiri.

  1. MOBILITAS  FAKTOR FAKTOR PRODUKSI

Ketidaksempurnaan pasar (Market Inperections) akan sangat membatasi penggeseran factor-factor produksi dari penggunaan yang lebih produktif. Untuk mengatasi ini maka market inperection harus ditiadakan, sehingga  factor-factor pruduksi dapat digunakan  sepenuhnya. Adapun caranya yaitu:

  1. Mengganti bentuk bentuk organisai social dan ekonomi
  2. Memberikan kesempatan-kesempatan  untuk menaikan produktifitas pada tinkat teknik yang ada
  3. Peningkatan teknologi
  4. Penjualan produk dan pasar capital diperluas
  5. Keadaan monopoli harus dikurangi
  6. Kredit dipermudah bagi petani dan pedagang kecil.[1]

Jadi harus ada pengarahan pada penggunaan semua sumber-sumber produksi secara efisien. Untuk perkembangan ekonomi perlu menepatkan usaha usaha  dan capital dalam tiga bentuk:

  1. Menaikan jumlah barang kapital.
  2. Menaikan  kualitas penduduk sebagai produsen.
  3. Menaikan  tingkat usaha produktif.

RECENT POSTS