September 30, 2020

Kertanegara (1268 – 1292 M)

Kertanegara (1268 – 1292 M)

Kertanegara memerintah Singasari dari tahun 1268 hingga tahun 1292. Ia merupakan raja terbesar Kerajaan Singasari. Setelah naik takhta, ia bergelar Sri Maharajadhiraja Sri Kertanegara. Ia memiliki gagasan besar di bidang politik dan terkenal sebagai raja yang memiliki cita – cita meluaskan daerah kekuasaan meliputi seluruh Nusantara.

Sedangkan untuk usaha – usaha yang dilakukan oleh Kerajaan Singasari dalam memperluas kekuasaan ke luar negeri antara lain :
A) Pada tahun 1275, Kertanegara mengirimkan ekspedisi ke Melayu (Ekspedisi Pamalayu) untuk menghidupkan kembali kerajaan Melayu di Jambi agar dapat menyaingi dan melemahkan Kerajaan Sriwijaya.

B) Pada tahun 1284, Kertanegara mengirimkan ekspedisi ke Bali dan berhasil menanamkan pengaruh dan kekuasaannya di sana.

C) Pada tahun 1286, Kertanegara mengirimkan sebuah Patung Amoghapasa beserta 14 pengiringnya kepada Raja Melayu, Mauliwamadewa.

D) Menundukkan Jawa Barat (1289), Pahang di Melayu, dan Tanjungpura di Kalimantan karena daerah – daerah ini sangat strategis untuk menghadang ekspansi tentara Mongol.

Pada masa pemerintahan Kertanegara, di Singasari telah berkembang pusat agama Buddha aliran Tantrayana. Masa pemerintahan Kertanegara berakhir ketika Kertanegara dibunuh oleh Jayakatwang, raja dari kediri.

B. Keadaan Ekonomi, Sosial, dan Budaya

Dalam kehidupan ekonomi, Singasari ditekankan pada sektor pertanian dan perdagangan serta pelayaran. Perkembangan tersebut sangat dimungkinkan karena Singasari merupakan daerah yang subur kemudian dapat memanfaatkan Sungai Brantas dan Bengawan Solo sebagai sarana lalu lintas perdagangan dan pelayaran.

Berdasarkan segi budaya, ditemukan candi – candi dan patung – patung di antaranya candi Kidal, Candi Jago, dan Candi Singasari. Sedangkan patung – patung yang ditemukan adalah patung Ken Dedes sebagai Dewa Prajnaparamita lambang kesempurnaan Ilmu, Patung Kertanegara dalam wujud patung Joko Dolog, dan patung Amoghapasa.

Sumber: https://wisatalembang.co.id/