December 3, 2020

Bahaya Anak Kecil Sering Pakai Makeup

Apakah Anda sering melihat anak-anak menggunakan riasan? Mungkin sebagian dari Anda sebagai orang tua yang tidak menyalahkan jika anak menggunakan riasan. Namun, pengetahuan sering kali menjadi alasan para orang tua untuk menggunakan riasan pada wajah anak perempuannya. Lalu, apakah riasan berdampak pada kesehatan anak? Apakah berbahaya memiliki anak? Simak ulasannya di bawah ini.

Bisakah seorang anak menggunakan riasan?

Bagaimana menurut Anda sebagai orang tua yang menginginkan anak tampil lebih cantik? Ini tentu tidak salah. Namun, jangan lupakan bahaya makeup yang digunakan untuk anak-anak, atau yang digunakan untuk anak-anak karena tutorial makeup di media sosial.

Bagaimana jika Anda menggunakan riasan yang tidak mengandung bahan kimia, hanya bahan organik dan alami lainnya?

Padahal, riasan, terutama yang dioleskan pada kulit wajah, kerap menutupi pori-pori wajah. Pori-pori yang tertutup membuat sel-sel kulit sulit bernapas dan tidak mampu membentuk sel-sel baru, dan dipercaya bahwa pori-pori yang tertutup akan merangsang pertumbuhan jerawat dengan cepat.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda sebagai orang yang lebih tahu, Anda bisa menggunakan riasan yang beredar di pasaran anak-anak, agar tidak menggunakan efek buruk nantinya.

Terkadang mengoleskan lipstik pada bibir anak tidak akan berdampak fatal, namun untuk berbagai jenis riasan lain yang menutupi kulit, seperti alas bedak, bedak, blush on, dll sebaiknya tidak hanya digunakan di tempat-tempat tertentu saja, misalnya di panggung sekolah.

Apa saja bahaya make up untuk kulit bayi?

Padahal, bahaya make-up pada orang dewasa dan bahaya make-up untuk anak-anak memang serupa, namun lebih sering jika make-up sering digunakan menggantikan anak-anak.

Selain faktor kulit wajah yang lebih sensitif, penyerapan bahan kimia dari riasan yang tidak didukung oleh sel imun yang memadai bisa sangat berbahaya. Bahwa Anda harus berhati-hati dalam menggunakan riasan pada anak Anda. Semuanya memiliki kondisi kulit, dan alergen yang berbeda.

Masalah dengan riasan cenderung terjadi jika seorang anak menggunakan riasan pada usia yang salah.

1. Gangguan kulit
Kulit anak kecil lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa, anak yang membutuhkan sangat mudah mengiritasi kelainan kulit akibat bahan kimia dalam riasan yang digunakan.

Dalam kasus yang ringan, wajah anak mungkin tampak merah dan sedikit perih, tetapi pada kasus yang parah hal itu dapat membuat wajah berlubang dan tumbuh jerawat selama hidup. Dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter jika ada gangguan pada wajah anak, agar tidak menimbulkan efek yang membahayakan nantinya.

2. Anak kecil mengalami penuaan dini
Penggunaan riasan pada anak kecil membuat sel-sel kulit sulit bernapas karena tertutup. Hal ini seringkali membuat kulit sulit membuat kulit baru dan kulit menjadi lebih rentan mengalami penuaan.

Selain makanan yang tidak sehat, kulit yang tidak sehat bisa mengakibatkan kulit tumbuh. Riasan wajah yang terserap juga mempengaruhi hormon dalam tubuh anak, dan syok hormonal dapat mempercepat penuaan dari dalam ke luar.

3. Wajah anak menjadi kasar
Riasan wajah dapat merusak kelembapan wajah anak, jika digunakan terlalu lama hal ini juga membuat wajah sensitif anak sangat mudah menjadi kasar dan menjadi lebih tebal atau lebih tebal. Kulit wajah yang tebal akan sulit menyerap nutrisi jika dirawat dengan masker alami, dan hal ini tentunya akan menggunakan nutrisi penting dari kesehatan wajah itu sendiri.

Penggunaan efek riasan yang bisa dialami oleh orang dewasa juga bisa ditanggung oleh anak-anak, meski dalam penggunaan yang sama. Namun anak-anak akan menderita efek yang lebih parah karena daya tahan tubuh orang dewasa yang kurang baik.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga penggunaan riasan untuk anak agar tidak jauh dari bahaya riasan agar tidak mengganggu kesehatannya.