August 4, 2020
BUDIDAYA TERONG DI POT

BUDIDAYA TERONG DI POT

BUDIDAYA TERONG DI POTBUDIDAYA TERONG DI POT

Menanam terong selain dilakukan diladang /sawah atau kebun yang luas juga bisa dilakukan dalam kantong- kantong polibag atau timba bekas .Budidaya tanaman terong di pot /polibag dapat memanfaatkan tempat yang sempit disekitar rumah dan bisa memenuhi kebutuhan sayuran harian ,selain tanaman terong juga bisa menanam sayuran yang lain seperti kacang panjang , kangkung ,buncis dan seterusnya. Tetapi kali ini akan saya sampaikan cara menanam / budidaya terong di pot /polibag.

Untuk menanam / budidaya terong di pot/ polibagyang perlu disiapkan antara lain :

1. Pot/ polibag
Pilih pot /polibag ukuran sedang diameter 25 cm dan buat lubang pada bagaian bawahnya bila masih utuh.

2. Bokashi / kompos
Siapkan bokashi atau kompos karena media itu banyak mengandung bahan organik yang sangat dibutuhkan tanaman . tambahkan 1 sendok makan furadan 3 g (Insektisida ) untuk mengendalikan hama dari tanah ,lalu campur dengan tanah dengan perbandingan 1:1 lalu aduk merata dan masukkan kedalam /pot/polibag.

3. Bibit terong
Bibit terong bisa didapatkan di kebun bibit atau tempat persemainan tanaman horti, atau melakukan persemainan sendiri dengan wadah kecil lalu bibit terong disebar ,setelah 3 minggu bisa dipindah ke pot/ polibag .

4. Perlengkapan yang dibutuhkan lainnya : air ,selang ,sekop kecil.

Cara menanam / budidaya terong dipot/ polibag

Siram tanah di polibag /pot dengan air sampai basah merata kemudian sebar bibit terong lalu tutup dengan tanah tipis. ( bila bibit terong dari pembibitan /atau sudah besar ,tinggal menancapkan kedalam tanah polibag lalu tekan sampingnya agar rapat).

Perawatan tanaman terong

Penyiraman dilakukan setiap hari dengan air yang tidak deras agar biji terong tidak berpindah atau berkumpul.

Penjarangan (untuk yang tanam dengan biji ) dilakukan ketika tanaman sudah tumbuh 5 cm , memindahkan tanaman yang padat ke pot /polibag yang lain agar tiap polibag berisi 2 batang tanaman.

Pemberian tajuk dilakukan bila batang tanaman kurang kuat menahan daun dan buah , sebaiknya tajuk ditancapkan ketika tinggi tanaman mencapai minimal 30 cm.

Pembersihan gulma dilakukan disekitar batang agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu dan pembubunan dilakukan dengan menimbun batang tanaman dengan tanah agar akar tidak kelihatan.

Pemupukan dilakukan mulai umur 2 minggu sekali , gunakan pupuk organik seperti bokashi kompos atau pupuk organik cair . setelah berbuah pemupukan dilakukan 1 minggu sekali, lakukan penyiraman setelah pemupukan agar pupuk cepat meresap.
Pemberantasan hama dan penyakit , gunakan insektisida yang ramah linkungan ( insektisida hayati ) dilakukan bila ada hama menyerang tanaman terong.

Pemanenan terong

Buah terong dapat dipetik bila sudah besar maksimal , umur tanaman dapat di panen mulai 50 hari setelah tanam ,tergantung varietas dan cara perawatannya.

Demikian cara menanam / budidaya terong di pot/polibag .semoga bermanfaat.

 

RECENT POSTS