December 3, 2020
BUDIDAYA KECIPIR

BUDIDAYA KECIPIR

BUDIDAYA KECIPIRBUDIDAYA KECIPIR

Kecipir adalah tumbuhan merambat yang di manfaatkan sebagai sayuran , kecipir juga disebut kacang botol , kacang belingbing,kacang botor , kecipir . tanaman keci[pir mudah tumbuh di dataran rendah sampai tinggi hingga mencapai 1200 m dpl, tanah yang baik untuk pertumbuhan adalah tanah lempung , lempung berpasir ,tanah humus tanah yang mengandung bahan organik, ph tanah 5,5 � 7 , sinar matahari yang cukup , curah hujan sedang , yang terpenting drainase yang baik.

Menanam / budidaya kecipir

Bibit kecipir

Bibit kecipir didapat dari buah kecipir yang sudah tua dan kering , kemudian di kupas dan dijemur beberapa hari selanjutnya di simpan , bila ingin menanamnya rendam dahulu 4 jam kemudian di tanam.

Persiapan lahan

Lahan di gemburkan , dicangkul / dibajak sedalam 25 cm kemudian di sebarkan kompos / bokashi 7- 10 ton , kemudian buat bedengan tinggi 25 cm , lebar 80 cm dan jarak bedengan 50 cm selanjutnya taburkan pupuk dasar campuran ZA + Phonska+ TSP sebanyak 115 kg per hektar , setelah itu bedengan di haluskan , kemudian ditutup mulsa /plastik perak (lebar mulsa 90 cm ).

Penanaman kecipir

Biji kecipir direndam dahulu 4-5 jam ,m kemudian diangkat dan dibungkus kain handuk rapat selama 12 jam agar cepat berkecambah. Untuk menanam kecipir dilahan sawah , lakukan pengairan secara merata pada bedengan , kemudian buat lubang pada mulsa dengan jarak 50 cm , selanjutnya masukkan 2 biji kecipir ke lubang sedalam 3 cm kemudian tutup dengan tanah tipis.

Perawatan tanaman kecipir

Penyulaman dan penjarangan dilakukakan ketika ada tanaman yang rapat dan longgar karena mati atau kurang sehat. Pekerjaan ini dilakukan ketika tanaamn umur 7 � 14 hst.
Penyiraman / pengairan dilakukan 1 minggu sekali bila tidak hujan dan setelah pemberian pupuk, pengairan dengan cara mengenangi parit sampai penuh , dan dilakukan pembuangan secepatnya agar air tidak menggenang.

Pemupukan tananam kecipir dilakukan pada umur lihat tabel dibawah ini:

Umur pemupukan
Jenis pupuk
Urea
ZA/ PHONSKA
TSP
KALIUM
15 HST
140 kg/ ha
35 / ha
70/ kg ha

28 HST
105 kg/ ha
105 / ha

105 kg / ha
42 HST- seterusnya
105 kg /ha
105 kg/ ha
30 kg/ ha
30 kg/ ha

Pemupukan perlu ditambahkan bokashi atau kompos
Cara pemupukan : dibuatkan tugal , jarak dengan batang 5 cm dan ditutup kembali setelah pupuk di masukkan, selanjutnya dilakukan pengairan.

Pemasangan tajuk dilakukan ketika tanaman umur 15 hst , kemudian pasang tali ( gawar )untuk menghubungkan antar tajuk sebagai media rambat tanaman kecipir.

Hama dan penyakit tanaman kecipir

Hama yang menyerang antara lain : ulat daun , kutu putih , cabuk , uret, lalat daun. Cara pengendaliannya : semprot dengan insektisida berbahan aktif Imidakloprit, abamectin, klorfenapir,

Penyakit yang menyerang antara lain : karat daun , bercak daun , busuk akar , layu bakteri , layu fusarium.cara penanggulanganya gunakan fungisida berbahan aktif : bactocyn, mancozeb, iprodiun.klorotalonil.

Pemanenan.

Tanaman kecipir mulai dapat dipanen umur 50 hst , ciri fisik buah yang siap dipetik antara lain : warna buah hijau tua , ukuran buah sudah maksimal. Cara panen dengan di petik tangkainya lalu dikumpulkan di wadah utuk memudahkan pengangkutannya.

Demikian tentang cara menanam / budidaya kecipir. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://obatkuatpria.id/oppo-akan-buat-f3-varian-merah/