September 23, 2020
Pembagian sumber daya alam menurut jenisnya

Pembagian sumber daya alam menurut jenisnya

Pembagian sumber daya alam menurut jenisnya

Pembagian sumber daya alam menurut jenisnya

Pembagian sumber daya alam berdasarkan jenis adalah :

(1)   Sumberdaya alam hayati / biotik

adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, contoh : tumbuhan, hewan, mikroorganisme, dan lain-lain. Sumberdaya hayati (biotik) adalah salah satu sumber daya dapat pulih (renewable resources) yang terdiri atas flora dan fauna. Sumber daya hayati secara harfiah dapat diartikan sebagai sumberdaya yang mempunyai kehidupan dan dapat mengalami kematian.

(2)   Sumberdaya alam non hayati (abiotik)

adalah SDA yang berasal dari makhluk tak hidup (abiotik), disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Seperti: air, tanah, batu-batuan, dan barang-barang tambang.

  1. Pemanfaatan Sumberdaya Alam

Pemanfaatan SDA dibagi berdasarkan sifatnya, yaitu SDA hayati (biotik) dan nonhayati (abiotik).

  1. Sumber daya alam hayati :
  • Tumbuhan

Tumbuhan memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan pati melalui proses  fotosintesis. Oleh  karena itu, tumbuhan merupakan produsen atau penyusun dasar  rantai makanan. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia diantaranya: Bahan ma kanan, bahan bangunan, bhan bakar  (biosolar).

  • Pertanian dan perkebunan

Pertanian  di  Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditi eks- por, antara  lain padi,  jagung, kedelai dan singkong. Di samping itu,  Indonesia juga  dikenal dengan hasil perkebunannya,  antara lain  karet, kelapa sawit, tembakau  dan lain-lain.

  • Hewan, peternakan, dan perikanan

Sumber daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. Pemanfaatannya dapat sebagai pembantu pekerjaan berat manusia, seperti kerbau dan kuda atau sebagai sumber bahan pangan, seperti unggas dan sapi.

  1. Sumber daya alam nonhayati :
  • Air

Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup dan bumi sendiri didominasi oleh wilayah perairan. Air  digunakan dalam kehidupan sekari-hari baik manusia, hewan dan tumbuhan.

  • Angin

Pada era ini, penggunaan minyak bumi, batu bara, dan berbagai jenis bahan ba- kar  hasil  tambang  mulai  digantikan  dengan  penggunaan energi  yang  dihasilkan oleh angin. Selain sumbernya yang terbaharukan dan  selalu ada, energi yang dihasil kan angin  jauh  lebih  bersih  dari  residu  yang  dihasilkan  oleh bahan bakar lain pada umumnya.

  • Tanah

Tanah termasuk salah sumber daya alam nonhayati yang penting untuk menun jang kehidupan manusia, tumbuhan dan hewan. Pertumbuhan tanaman pertanian dan perkebunan secara langsung terkait dengan tingkat kesuburan dan kualitas tanah.

  • Hasil tambang

Sumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsi bagi kehidupan manusia, seperti bahan dasar infrastruktur, kendaraan bermotor, sumber energi, mau pun sebagai perhiasan.


Sumber: https://ironmanfactory.com/ahok-sosok-yang-paling-banyak-dicuitkan-tahun-ini/