October 24, 2020

Keunggulan metode langsung antara lain

Keunggulan metode langsung antara lain

  1. Siswa terampil menyimak dan berbicara karena mereka mendapat banyak latihan dalam bercakap-cakap, khususnya mengenai topik-topik yang sudah dilatih dalam kelas.
  2. Siswa mengusai pelafalan dengan baik seperti atau mendekati penutur asli.
  3. Siswa mengetahui banyak kosa kata dan pemakaiannya dalam kalimat.
  4. Siswa memiliki keberanian dan spontanitas dalam berkomunikasi karena sejak awal telah dilatih untuk  berpikir dalam bahasa target sehingga tidak terhambat oleh proses penerjemahan.
  5. Siswa menguasai tata bahasa secara fungsional tidak sekedar teoritis, artinya berfungsi untuk mengkontrol kebenaran  ujarannya.
  6. Siswa termotivasi untuk dapat menyebutkan dan mengerti kata-kata kalimat dalam bahasa asing yang diajarkan oleh gurunya, apalagi guru menggunakan alat peraga dan macam-macam media yang menyenangkan.
  7. Metode ini biasanya guru mula-mula mengajarkan kata-kata dan kalimat-kalimat sederhana yang dapat dimengerti dan diketahui oleh siswa dalam bahasa sehari-hari misalnya (pena, pensil, bangku, meja, dan lain-lain), maka siswa dapat dengan mudah menangkap simbol-simbol bahasa asing yang diajarkan oleh gurunya.
  8. Metode ini relatif banyak menggunakan berbagai macam alat peraga apakah video, film, radio, kaset, tape recorder, dan berbagai media atau alat peraga yang dibuat sendiri, maka metode ini menarik minat siswa, karena sudah merasa senang atau tertarik, maka pelajaran terasa tidak sulit.
  9. Siswa memperoleh pengalaman langsung dan praktis, sekalipun mula-mula kalimat yang diucapkan itu belum dimengerti dan dipahami sepenuhnya.
  10. Alat ucap atau lidah siswa atau anak didik menjadi terlatih dan jika menerima ucapan-ucapan yang semula sering terdengar dan terucapkan.

 

RECENT POSTS