September 28, 2020

Pengertian, Fungsi dan Struktur RNA

Semua pembaca tertarik pada RNA. Seperti kata pepatah, RNA berarti asam ribonukleat (asam ribonukleat), seperti DNA, RNA sangat penting bagi makhluk hidup. Pada artikel ini kita akan membahas definisi RNA yang juga mencakup sifat, fungsi dan struktur RNA. Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan berikut:

Memahami RNA

RNA Fragmen DNA itu sendiri adalah hasil dari teks, yang R.N. Membentuk polimer, yang jauh lebih pendek dari DNA. Tidak hanya itu, tidak seperti DNA yang biasanya dapat ditemukan dalam inti sel, tetapi sebagian besar RNA ditemukan dalam sitoplasma, terutama ribosom.

DNA didefinisikan sebagai asam nukleat yang mengandung data genetik yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi semua makhluk hidup. Molekul RNA terlibat dalam sintesis protein dan kadang-kadang dalam transisi data genetik.

Fungsi utama RNA adalah untuk mentransfer kode genetik yang diperlukan untuk menghasilkan protein dari nukleus ke ribosom. Proses ini mencegah DNA meninggalkan nukleus. Ini melindungi DNA dan kode genetik dari kerusakan. Tanpa RNA, protein tidak akan pernah bisa dibuat.

Fungsi RNA

RNA Ini adalah fungsi yang sangat penting bagi manusia karena dalam kelompok virus seperti bakteriofag, RNA ini adalah bahan genetik yang berfungsi untuk menyimpan data genetik pada organisme lain seperti DNA.

Dalam hal ini, dalam proses transkripsi RNA, DNA akan diproduksi sebagai replika kode urutan basa nitrogen, kode urutan basa ini sendiri dikonfigurasi sebagai trinitas, yang dikenal sebagai tiga kode fungsi N dasar. , Dan dalam setiap kodon terkait dengan monomer yang menyusun asam amino atau kode dan protein yang digunakan untuk menghambat.

Struktur RNA

Ini karena RNA itu sendiri adalah untai tunggal yang berbentuk seperti pita dan tidak terpuntir, sementara masing-masing untai RNA adalah patinukleotida yang terdiri dari banyak ribonukleotida.

Jika dilihat secara umum, RNA memiliki berat molekul 25.000 hingga beberapa juta. Meski begitu, RNA asli Ini memiliki rantai polikoliotida tunggal, tetapi rantai normal terlipat untuk membentuk bidang halo ganda dengan pasangan basa A: U dan G: C.

Jenis RNA

RNA hadir dalam berbagai sifat. Seperti materi genetik, RNA Dalam bentuk sepasang band (double-strand RNA, RNA, DSRA). Seperti yang disarankan hereditas molekuler klasik, proses sintesis protein pada eukariota tidak melibatkan tipe RNA.

Messenger-RNA (mRNA), yang disintesis dengan RNA polimerase I.
RNA-ribosom (ribosom-RNA, RRNA), yang disintesis dengan RNA polimerase II
Transfer RNA (transfer RNA, TRNA), yang disintesis dengan RNA polimerase III
Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, ia menemukan bahwa RNA ada dalam berbagai bentuk dan telah berpartisipasi dalam proses pasca-mutasi. Dengan mengatur ekspresi gen, orang sekarang memahami RNA mikro yang berpartisipasi dalam “pelemahan gen” atau penyegelan gen dan RNA kecil yang ikut campur yang berpartisipasi dalam proses pertahanan melawan serangan virus.

Demikian, artikel tentang pemahaman RNA bersama dengan beberapa ulasan lengkap. Semoga artikel ini menjadi perhatian pembaca. Com dapat membantu pembaca menambah pengetahuan dan informasi. Kita akan lihat di artikel selanjutnya.

Sumber: https://ruangguru.co

Baca juga: