December 3, 2020

Karakteristik Informasi Akuntansi Biaya

Keuntungan dari sistem akuntansi biaya tradisional direvisi pada 1950-an dan 1960-an untuk kepentingan tata kelola perusahaan. Mulailah menerapkan biaya variabel untuk menentukan harga produk, sehingga biaya persediaan yang disajikan dalam neraca dihitung dan perhitungan laba rugi jauh lebih baik dari sebelumnya. Akuntansi pengeluaran pada saat itu hanya berfokus pada bagaimana membuat laporan keuangan yang paling berguna bagi pengguna laporan keuangan perusahaan eksternal (pihak eksternal) agar tidak mendapatkan informasi akuntansi yang khusus ditujukan untuk kepentingan manajemen.

Pada 1980-an dan 1990-an, banyak pengembangan akuntansi manajemen tradisional gagal memenuhi persyaratan manajemen. Perhitungan biaya produksi yang lebih akurat atau lebih rinci untuk penggunaan input (pendapatan) untuk mengurangi kualitas, produktivitas, dan biaya. Berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan sistem akuntansi reguler untuk memenuhi kebutuhan lingkungan ekonomi. Informasi akuntansi pengeluaran sangat penting untuk membuat keputusan untuk mengendalikan aset perusahaan. Penyusunan informasi keuangan dan non-keuangan adalah informasi yang akurat dalam pengambilan keputusan.

Perkembangan teknologi informasi telah mengaburkan batas antar negara (tidak jelas) karena perdagangan bebas menyebar, sehingga persaingan menjadi global dan intens. Sifat persaingan ini telah membuat laba perusahaan memasuki tingkat persaingan global yang menurun, sehingga manajemen perusahaan harus menemukan banyak strategi baru agar perusahaan dapat bertahan dan tumbuh. Hanya perusahaan yang memiliki keunggulan internasional yang dapat bertahan dan berkembang dalam menghadapi persaingan global dan intens.

Fitur-fitur akuntansi biaya berikut dalam bentuk informasi ini berguna bagi manajemen perusahaan untuk merencanakan dan memantau kegiatan perusahaan, seperti proses akuisisi, distribusi, dan penjualan yang kami kutip dari guruakuntansi.co.id.

1. Berguna untuk anggaran perusahaan

Estimasi keuangan perusahaan untuk masa depan dapat membantu manajer merencanakan dan memantau kinerja perusahaan, terutama kinerja karyawan. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (AIS) di perusahaan termasuk analisis perilaku, metode kuantitatif, dan komputer yang terhubung ke Internet, dan pemasangan perangkat lunak akuntansi.

2. Digunakan untuk analisis perilaku pelanggan

Penerapan setiap sistem tidak akan efektif kecuali seorang akuntan mengetahui kebutuhan orang-orang yang terlibat dengan sistem. Akuntan tidak perlu menjadi psikolog, tetapi harus memahami cara untuk memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, akuntan juga harus memahami bahwa setiap orang memiliki visi yang berbeda dalam hal menerima informasi. Informasi yang diberikan dapat dirancang dan disampaikan sesuai dengan perilaku para pembuat keputusan.

3. Menggunakan metode kuantitatif

Metode ini harus digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan nilai informasi dalam penyusunan informasi sesuai dengan siklus akuntansi biaya. Metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Sebagian besar perusahaan telah menggunakan komputer untuk melakukan tugas rutin akuntan, seperti mencatat transaksi keuangan, sehingga akuntan memiliki banyak waktu untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan manajemen perusahaan.

Tautkan sponsor

4. Berguna untuk mendokumentasikan data perusahaan

Tujuan dari sistem informasi akuntansi biaya adalah untuk mengumpulkan dan menyimpan data transaksi untuk semua kegiatan perusahaan sehingga pendapatan tertentu dapat tercapai. (Baca: Memahami Akuntansi Persediaan)

5. Mengevaluasi efektivitas perusahaan.

Sistem akuntansi biaya dapat memperkirakan nilai efektifitas semua kegiatan perusahaan. Misalnya, keputusan investasi berdasarkan hasil analisis terkait dengan biaya aktual atau analisis manfaat biaya sesuai dengan tujuan akuntansi biaya.

6. Buat informasi untuk manajemen

Sistem akuntansi pengeluaran digunakan untuk menghasilkan transaksi dan data lainnya, termasuk cara mengubah laporan pendapatan menjadi informasi yang berguna bagi manajemen untuk membuat keputusan dan menerapkan kebijakan perusahaan.

Tautkan sponsor

Baca juga: