September 30, 2020

Bercak Darah Tidak Sedang Haid?

Kebanyakan wanita pasti akan panik ketika mereka melihat noda darah meskipun mereka tidak sedang menstruasi. Mengapa bisa ada noda darah? Pernahkah terjadi sesuatu pada organ reproduksi Anda? Ada beberapa alasan munculnya bintik-bintik darah saat Anda tidak sedang menstruasi.

Penyebab noda darah saat Anda tidak sedang menstruasi

1. Penggunaan kontrasepsi.
Ruam umum terjadi pada kontrasepsi dalam 3 bulan pertama. Noda darah juga disebabkan oleh penggunaan jenis kontrasepsi tertentu. Perubahan dalam penggunaan pil KB. Mengubah jenis pil KB yang digunakan dapat memengaruhi dinding rahim Anda. Kondisi ini merangsang noda darah.

2. Ovulasi dan kehamilan.
Pada beberapa wanita, sekitar 1 minggu sebelum siklus menstruasi, bercak darah biasanya muncul dengan ovulasi. Munculnya bercak darah biasanya muncul sebagai rasa sakit. Meskipun bercak darah yang terjadi pada tahap awal kehamilan, mereka terjadi sekitar 1 minggu setelah pembuahan. Telur akan menempel pada dinding rahim dan implan akan menyebabkan pendarahan.

3. Stres
Ternyata hormon stres dapat melepaskan kortisol dan akhirnya menurunkan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh Anda. Kondisi ini kemudian mengganggu siklus menstruasi Anda, dan kemudian menyebabkan bercak darah seminggu sebelum dimulainya siklus menstruasi normal Anda.

4. Cedera fisik.
Hubungan seksual terkadang dapat menyebabkan noda darah jika penetrasi terlalu dalam. Ini karena peradangan pada vagina dan leher rahim. Kasus ini sering terlihat pada wanita yang mendekati menopause. Ini karena kekeringan vagina menjelang menopause.

5. Fibroid uterus
Fibroid uterus abnormal, tetapi jinak, pertumbuhan sel yang terjadi di rahim. Anda tidak perlu khawatir tentang kondisi ini kecuali itu mengganggu kegiatan sehari-hari Anda. Fibroid uterus sering terjadi pada wanita berusia 30-an dan 40-an.

Baca juga: