August 4, 2020

Sebaran Keagamaan Budaya Nasional

Sebaran Keagamaan Budaya Nasional

  1. Konsep Budaya

Budaya merupakan pengembangan majemuk dari budi daya, yang berarti daya dari budi.Jadi, budaya adalah daya dari budi yang berupa cipta, rasa, dan karsa. Dalam kehidupan bermasyarakat, budaya membekali anggotanya pedoman perilaku dalam bertindak.Budaya terbentuk dari beberapa unsur yang saling terkait yang dapat berupa ide, artefak, dan aktivitas. Unsur-unsur kebudayaan secara universal antara lain sebagai berikut:

  1. Bahasa

Bahasa merupakan alat pengantar dalam berkomunikasi.Bahasa memiliki perbedaan untuk setiap wilayah di Indonesia.perbedaan bahasa ditentukan oleh adat istiadat, wilayah, dan demografi.

  1. Sistem Pengetahuan

Pengetahuan sangt berguna untuk melahirkan ide-ide yang baru dan kratif.oleh karena itu, budaya tersebut dapat dipertahankan. Tanpa adanya pengetahuan budaya tersebut tidak akan tercipta, apalagi berkembang.

  1. Organisasi Sosial

Manusia membutuhkan manusia lain dalam hidupnya. Maka, organisasi social muncul untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial.

  1. Peralatan Hidup dan Teknologi

Manusia mengambangkan peralatan hidup dan teknologi untuk dapat menyiasati lingkungan tempat tinggalnya.

  1. Mata Pencarian

Mausia memiliki naluri untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.Maka, manusia berusaha untuk mendapatkan mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhannya.

  1. Sistem Religi

Sistem religi muncul untuk memenuhi kebutuhan manusia yang kuasa.Manusia sadar terdapat zat yang menguasai seluruh bumi dan alam semesta.

  1. Kesenian

Manusia tidak hanya memerlukan kebutuhan fisik, tetapi juga memerlukan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikis mereka.Oleh karena itu maka manusia menciptakan kesenian yang dapat dirasa dan didengar.

  1. Identifikasi Identitas Nasional

Identitas Nasional adalah suatu jati diri yang khas dimiliki oleh suatu bangsa dan tidak dimiliki oleh bangsa yang lain. Dalam hal ini, tidak hanya mengacu pada individu saja, akan tetapi berlaku juga pada suatu kelompok.

Unsur Unsur Identitas Nasional

(1)   Suku Bangsa merupakan salah satu dari unsur pembentuk identitas nasional. Golongan sosial yang khusus yang bersifat askriptif atau ada sejak lahir, dimana sama coraknya dengan golongan umur dan jenis kelamin. Di Indonesia khususnya, terdapat banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis dengan tidak kurang tiga ratus dialek bahasa.

(2)   Agama merupakan salah satu dari unsur pembentuk identitas nasional. Bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis (didasarkan pada nilai agama). Agama-agama yang tumbuh dan berkembang di nusantara yaitu agama islam, katholik, kristen, hindu, budha dan kong hu cu.

(3)   Kebudayaan merupakan salah satu dari unsur pembentuk identitas nasional. Pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang isinya adalah perangkat-perangkat atau model-model pengetahuan yang secara kolektif digunakan oleh pendukung-pendukung utntuk menafsirkan dan memahami lingkungan yang dihadapi dan digunakan sebagai rujukan atau pedoman untuk bertindak (dalam bentuk kelakukan dan benda-benda kebudayaan) sesuai dengan lingkungan yang dihadapi.

(4)   Bahasa merupakan salah satu dari unsur pembentuk identitas nasional. Dalam hal ini, bahasa dipahami sebagai sistem perlambang yang secara arbiter dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia dan digunakan sebagai sarana berinteraksi antarmanusia.

Baca juga: