August 4, 2020
Patofisiologi

Patofisiologi

Patofisiologi

Patofisiologi

Pada daerah rektum terdapat vena hemoroidalis superior, medialis dan inferior. Vena hemoroidalis media dan inferior mengalirkan darah ke vena iliaka yang merupakan bagian dari sirkulasi sistemik. Terdapat anastomosis antara vena hemoroidalis superior, medialis dan inferior. Tekanan yang cukup tinggi pada kavum abdominalis secara kronis misalnya konstipasi atau diare, tumor rektum, sering mengedan, kongesti pelvis pada kehamilan. Fibroma uteri dan penyakit hati kronis disertai hipertensi portal, karena vena hemoroidalis superior mengalirkan darah kedalam sistem portal tidak mempunyai katup, sehingga mudah terjadi aliran balik. Konstipasi dapat memperburuk keadaan, dimana faeces yang keras dapat menggores vena hemoroidalis yang  membengkak, sehingga apabila keadaan ini terus menerus bisa menimbulkan perlukaan dan perdarahan secara perlahan-lahan akhirnya dapat menonjol keluar yang menyebabkan prolapsus.

F.     Manifestasi Klinik

Tanda utamanya biasanya adalah perdarahan, darah yang keluar berwarna merah segar, tidak bercampur dengan feses, dan jumlahnya bervariasi, bila hemoroid bertambah besar maka dapat terjadi prolaps pada awalnya biasanya dapat tereduksi spontan pada tahap lanjut, pasien harus memasukkan sendiri setelah defekasi dan akhirnya sampai pada suatu keadaan dimana tidak dapat dimasukkan kotoran di pakaian dalam menjadi tanda hemoroid yang mengalami prolaps permanen.kulit di daerah perianal akan mengalami iritasi.nyeri kan terjadi bila timbul thrombosis luas dengan edema dan peradangan. (Mansjoer, 2000 Hal 322).

Fleksus hemoroidalis melebar ini terletak dibawah mukosa rektum, tepat diatas lapisan muskularis muskulus dari sfingterani eksternus tanpa adanya trombus atau infeksi. Pada pemeriksaan colok dubur hemoroid interna tidak dapat diraba sebab tekanan vena didalamnya tidak cukup tinggi dan biasanya tidak nyeri. Colok dubur diperlukan untuk menyingkirkan kemungkinan karsinoma rektum.

Penilaian dengan anaskop diperlukan untuk melihat hemoroid interna tidak menonjol keluar. Dalam pemeriksaan anoskop akan tampak benjolan – benjolan di bawah mukosa yang seringkali penuh dilingkaran rektum dan anus.

Secara klinis hemoroid interna diklasifikasikan atas 4 derajat untuk memuda

RECENT POSTS