October 19, 2020
Pengertian Media Cetak

Pengertian Media Cetak

Table of Contents

Pengertian Media Cetak

Pengertian Media Cetak

Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan dan minat serta perhatian. Media cetak merupakan suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan- pesan visual.

Pengertian media cetak bagi masyarakat masih dipahami secara sempit. Banyak orang beranggapan bahwa media cetak sama dengan pengertian surat kabar atau majalah. Padahal jika diurai maknanya secara mendalam, media cetak tidak terbatas pada dua jenis media itu saja. Secara harfiah pengertian media cetak bisa dirtikan sebagai sebuah media penyampai informasi yang memiliki manfaat dan terkait dengan kepentingan rakyat banyak yang disampaikan secara tertulis. Dari pengertian ini, kita bisa melihat bahwa media cetak adalah sebuah media yang di dalamnya berisi informasi yang di dalamnya terkait dengan kepentingan masyarakat umum dan bukan terbatas pada kelompok tertentu saja.

Media cetak ini merupakan saluran informasi bagi masyarakat, di samping media elekronik dan media digital. Di tengah dinamika masyarakat yang demikian pesat, media cetak sudah di anggap tertinggal di antara dua pesaingnya yakni media elektronik dan media digital. Meski demikian bukan berarti media cetak sudah tidak mampu meraih konsumen yang menantikan informasi yang di bawahnya. Gambar: Koran dan Tabloid merupakan contoh dari media cetak.

 

Sumber :

https://fgth.uk/