September 28, 2020

 Fungsi Media Cetak Secara Umum

 Fungsi Media Cetak Secara Umum

Fungsi atau Peranan media cetak Terlahir & berkembangnya surat kabar di Indonesia dapat menunjang terlaksananya cita-cita pembangunan di Indonesia untuk menjadi negara yang lebih maju.

Untuk dapat menunjang terlaksananya cita-cita tersebut, peranan surat kabar di Indonesia adalah:
1. Sebagai media informasi yang mencerahkan.

  1. Sebagai media pendidikan yang mencerdaskan.
  2. Meningkatkan intelektual kehidupan masyarakat.
  3. Membantu memperkuat kesatuan nasional.

2.9.  Kelebihan Dan Kelemahan Media Cetak

Kelebihan dari media cetak pertama adalah :

  1. Repeatable, yakni dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengklipingnya, sehingga suatu saat diperlukan dapat dilihat dan dibaca kembali. Kedua, analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti dan faham terhadap isi berita tersebut.
  2. Analisa yang lebih mendalam dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan itu.
  3. Dapat mengetahui kejadian di daerah sekitar (lokal). Dengan adanya media elektronik kita dapat mengetahui informasi secara nasional, namun seringkali kita tidak mengetahui kejadian di daerah sekitar kita karena media elektronik kadang hanya menyampaikan berita secara nasional. Sedangkan media media cetak dapat memberikan informasi kejadian di daerah sekitar bahkan sampai ke pelosok desa secara up to date.

Sedangkan kekurangannya yakni :

  1. Dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat dari media lainnya. Karena media cetak tidak dapat menyebarluaskan berita atau informasi secara langsung kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak baru berita atau informasi itu dapat disebarluaskan.
  2. Media cetak hanya mengandalkan tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar oleh komunikan. Ketiga, visual yang terbatas. Media cetak hanya memberikan visual gambar mati atau foto yang mewakili atau menguatkan isi berita.