September 30, 2020
 Pengelolaan Keuangan untuk Star-Up Busines

 Pengelolaan Keuangan untuk Star-Up Busines

 Pengelolaan Keuangan untuk Star-Up Busines

 Pengelolaan Keuangan untuk Star-Up Busines

  1. Strategi dan Alat Pengelolaan Keuangan

Strategi keuangan yang efektif meliputi pengelolaan dan pengawasan catatan-catatan keuangan, perencanaa, dan pengelolaan anggaran dalam rangka mencapai tujuan memaksimalkan keuntungan pemilik modal. Efektivitas pengelolaan keuangan akan sangat ditentukan oleh tujuan bisnis yang dimiliki oleh wirausaha dalam dokumen rencana strategisnya. Jika tujuan bisnis adalah membangun skala usaha yang luas, meningkatkan mareket share dan jumlah konsumsen, maka strategi keuangan dengan menetapkan profit margin yang tinggi, hanya menggunakan modal sendiri, dan memperbanyak asset tetap, mungkin tidak akan cocok. Untuk mendukung tujuan bisnis diatas akan lebih tepat dibuat marjin keuntungan yang tidak terlalu besar sehingga harga cukup kompetitif. Digunakan utang karena keterbatasan pendanaan modal sendiri, dan menggunakan asset tetap melalui fasilitas sewa, bukan dimiliki sendiri, untuk meminimalkan modal kerja yang dibutuhkan.

Untuk melakukan pengelolaan keuangan secara efektif, Anda dapat menggunakan neraca (balance sheet), laporan laba rugi dan laporan aliran kas (cash flow statements). Neraca, atau yang juga dikenal sebagai pernyataan kekayaan bersih, adalah bentuk laporan yang menjelaskan nilai semua aset yang kita miliki (sisi aktiva) dan nilai semua kewajiban yang kita miliki dan besarnya modal sendiri (sisi pasiva). Dari neraca tersebut, terlihat berapa besar nilai yang berhasil ditambahkan dari modal yang disetor.

Sementara itu, laporan laba rugi merupakan laporan yang menunjukkan kinerja pengakumulasian laba dalam kurun waktu tertentu. Nilai laba diperoleh dari pengurangan jumlah pendapatan yang dihasilkan dengan biaya-biaya yang dibutuhkan.

 

Sumber :

http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2020/07/05/aplikasi-gbwhatsapp-terbaru/