July 10, 2020

Perekonomian pasar

Perekonomian pasar

Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.

  1. c)Perekonomian pasar campuran

Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu negara pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan negara seperti Amerika Serikat. Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnya larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, pengontrolan iklan (advertising), dan lain-lain. Begitu pula dengan negara-negara perekonomian terencana. Saat ini, banyak negara-negara Blok Timur yang telah melakukan privatisasi—pengubahan status perusahaaan pemerintah menjadi perusahaan swasta.

  1. FAKTOR PENDORONG PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Faktor – faktor yang mendorong perdagangan internasional sebagai berikut :

  1. a)Perbedaan sumber daya alam

Sumber  daya  alam  yang  dimiliki  setiap  negara  berbeda. Untuk mendapatkan Sumber daya alam yang dibutuhkan dan tidak dimiliki suatu negara, diperlukan pertukaran antar negara yang menyebabkan terjadinya perdagangan internasional.

  1. b)Selera

Penduduk suatu negara lebih menyukai produk negara lain, sehingga harus mengimpor produk itu.

  1. c)Penghematan biaya produksi (Efisiensi)

Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara dapat memasarkan hasil produksinya pada banyak negara. Negara tersebut berproduksi dalam jumlah besar sehingga dapat menurunkan biaya produksi.

  1. d)Perbedaan teknologi

Negara  yang  menggunakan  teknologi  maju  dapat  menjual  barang  dengan harga  murah  pada negara yang teknologinya sederhana.

  1. e)Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri.
  2. f)Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara.

Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.

 

https://radiomarconi.com/