September 18, 2020
Penilaian Prestasi Menurut Carrell, Kuzmits, Elbert

Penilaian Prestasi Menurut Carrell, Kuzmitts, Elbert

Penilaian Prestasi Menurut Carrell, Kuzmitts, Elbert

Penilaian Prestasi Menurut Carrell, Kuzmits, Elbert

Menurut Carrell, Kuzmitts, Elbert (1992, p132)

Penilaian prestasi adalah proses evaluasi tingkah laku pegawai di tempat kerja.
Penilaian prestasi bisa juga disebut performance appraisal, performance review, employee appraisal, performance evaluation, employee evaluation, merit evaluation, dan personnel rating. Semuanya mempunyai arti yang sama dengan penilaian prestasi.
Sedangkan Menurut Hasibuan (1997, p97) penilaian prestasi adalah kegiatan manajer untuk mengevaluasi prilaku dan prestasi kerja karyawan serta menetapkan kebijaksanaan selanjutnya.
Penilaian prestasi merupakan proses yang sama sekali berbeda dengan evaluasi perkerjaaan. Penilaian ini lebih memperhatikan bagaimana seseorang menyelesaikan pekerjaannya.
Sedang evaluasi kerja lebih memperhatikan berapa banyak nilai suatu pekerjaan untuk perusahaan dan pengaruhnya bagi perusahaan.
Penilaian prestasi adalah elemen kunci yang digunakan untuk membangun sumber daya vital sebuah organisasi yaitu pegawai.

Selain itu juga digunakan untuk tujuan administrasi, misalnya membuat keputusan tentang rekruitrnen, promosi,  mutasi dan pemberhentian. Penilaian yang efektif dapat merupakan kontribusi yang signifikan untuk kepuasan dan motivasi pegawai.


Baca Juga :