September 29, 2020

Makanan yang Bikin Bahagia

Tak terasa telah sebulan lebih mayoritas dari anda menjalani work from home dan social distancing serta karantina berdikari untuk menangkal penyebaran virus corona atau Covid-19. Perasaan sedih, bosan, khawatir hingga stress tentunya telah kita rasakan sekitar harus berada di lokasi tinggal aja. Meski begitu kita tidak boleh sampai lupa guna bahagia, karena perasaan bahagia bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh anda untuk mencegah virus.

Cara termudah ialah dengan mengonsumsi makanan yang enak bergizi yang dapat membangkitkan perasaan bahagia. Seperti pepatah, “Jika perutmu bahagia, maka anda akan lebih bahagia”. Berikut ini 7 makanan yang tidak melulu menyehatkan tubuh kamu, tapi pun membuat anda merasa lebih bahagia, santai dan mengenyahkan rasa depresi atau khawatir selama mesti di lokasi tinggal aja.

1. Pisang

Di samping buah alpukat yang kaya bakal antioksidan dan asam folat, ternyata buah pisang pun kaya bakal antioksidan, vitamin, dan probiotik. Buah ini menolong proses pencernaan, menolong kinerja usus yang secara langsung memprovokasi mood kita. Di samping itu, pisang berisi tryptophan, sejenis protein yang diolah tubuh menjadi serotonin yang dikenal untuk menciptakan rileks, membetulkan mood.

2. Mangga

Seperti halnya pisang, buah mangga pun kaya bakal antioksidan, vitamin, dan mineral. Warna, wangi dan rasa mangga pun sangat lekat dengan hal-hal yang menciptakan bahagia. Buah ini pun mempunyai kandungan serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

3. Keju

Sebagian dari kita barangkali hanya beranggapan coklat saja yang dapat memberikan kebahagiaan, ternyata keju pun adalahsalah satu bahan makanan yang ampuh buat kamu bahagia sebab mempunyai kadar triptofan yang tinggi! Keju kini bisa tidak sedikit kamu temukan di sekian banyak makanan dan camilan kekinian. Bagi camilan lain, anda juga dapat memilih kacang almond mempunyai kandungan omega-3 yang bisa memproduksi zat dopamine yang dapat mengatasi rasa grogi dan nervous.

4. Teh Hijau

Di samping kopi, teh hijau pun dapat membuat perasaan bahagia yang menambah mood serta membuat anda tersenyum. L-theanine dinamakan yang dapat memunculkan perasaan bahagia ini dan merangsang dopamine serta hormon serotonin di dalam otak.

5. Telur

Siapa yang sarapannya suka santap telur? Pilihan yang tepat sebab telur terbukti ampuh menambah level triptofan dalam darah secara signifikan yang berarti pun mampu menambah kadar serotonin dalam tubuhmu. Kalau santap telur tidak boleh buang kuningnya ya, sebab bagian kuning dari telur lah yang berisi tidak sedikit triptofan dan kandungan gizi baik lainnya. Ada tidak sedikit olahan telur yang dapat kamu coba, gak sekadar direbus atau digoreng aja.

6. Bayam dan tomat

Untuk kelompok sayuran anda dapat mengonsumsi sayur bayam dan tomat. Bayam berisi asam folat dalam jumlah tinggi, bayam dikenal sebab manfaatnya yang menambah suasana hati. Sementara tomat, antioksidan yang ditemukan dalam tomat melawan peradangan di otak. Karena likopen larut dalam lemak, santap tomat dengan minyak zaitun yang menolong tubuh menyerap likopen.

7. Sup daging atau ayam

Daging merah dan daging ayam berisi tidak sedikit vitamin B12 yang diandalkan dapat menyerahkan ketenangan dan meminimalisir rasa panik. Bagaimana bila keduanya dimasak menjadi sup. Dalam suatu sup daging atau ayam yang hangat, kaya protein dan serat panas ini pun mampu membetulkan suasana hati dan menambah energi. Ini sekaligus menjelaskan kenapa makanan ini biasa disajikan guna orang yang sedang sakit flu.

Itulah sejumlah makanan yang dapat membuat anda bahagia, mengenyahkan depresi dan stress. Masak dengan teknik yang tepat guna mendapatkan guna yang lebih baik.

Baca Juga: