Pengertian Landasan Yuridis

Pengertian Landasan Yuridis

Pengertian Landasan Yuridis

Pengertian Landasan Yuridis

Kata landasan dalam hukum berarti melandasi

atau mendasari atau titik tolak. Landasan hukum seseorang guru boleh mengajar misalnya, adalah surat keputusan tentang pengangkatan sebagai guru. Yang melandasai atau mendasari ia menjadi guru adalah surat keputusan itu beserta hak-haknya. Surat keputusan itu merupakan titik tolak untuk ia bias melaksanakan pekerjaan guru.

Begitu pula halnya mengapa anak-anak sekarang diwajibkan belajar paling sedikit sampai dengan tingkat SLTP, adalah dilandasi belajar atau didasari atau bertitik tolak dari peraturan pemerintah tentang pendidikan dasar dan ketentuan tentang wajib belajar. Sementara itu kata hukum dapat dipandang sebagai aturan baku yang patut ditaati. Aturan baku yang sudah disahkan oleh pemerintah ini, bila dilanggar akan mendapat sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku pula. Seorang guru yang melanggar disiplin misalnya, bias dikenai sanksi dalam bentuk kenaikan pangkatnya ditunda. Begitu pula seorang peserta didik yang kehadirannya kurang dari 75 % tidak diizinkan mengikuti ujian akhir.

Hukum atau aturan baku diatas, tidak selalu dalam bentuk tertulis. Seringkalai aturan itu. dalam bentuk lisan, tetapi diakui dan ditaati oleh masyarakat. Hukum adat misalnya, banyak yang tidak tertulis, diturunkan secara lisan turun-temurun di masyarakat. Hokum seperti ini juga dapat menjadi landasan pendidikan. Dari uraian diatas dapatlah dipahami makna kata landasan hukum dapat diartikan peraturan baku sebagai tempat berpojak atau titik tolak dalam melaksanakn kegiat, dalam hal ini kegiatan pendidikan, tetapi tidak semua kegiatan pendidikan dilandasi oleh aturan-aturan baku ini. Cukup banyak kegiatan pendidikan yang dilandasi oleh aturan lain, seperti aturan kurikulum, aturan cara mengajar, cara membuat persiapan, supervise, dsb. Apalagi bila dikaitkan dengan kiat meng ajar atau seni mendidik, sangat banyak kegiatan pendidikan yang dikembangkan sendiri oleh para pendidik.


Sumber: https://infinidb.org/talking-angela-apk/

Posted on: May 9, 2020, by :