Pengertian diskusi kelompok besar dan kecil

Pengertian diskusi kelompok besar dan kecil

Pengertian diskusi kelompok besar dan kecil

Pengertian diskusi kelompok besar dan kecil

Jenis diskusi kelompok besar dilakukan

dengan memandang kelas sebagai satu kelompok. Pada diskusi kelompok besar ini, guru sekaligus sebagai pemimpin diskusi. Guru sebagai pemimpin diskusi, berperan dalam memprakarsai terjadinya diskusi, untuk itu guru dapat mengajukan permasalahan-permasalahan serta mengklarifikasinya sehingga mendorong anak untuk mengajukan pendapat. Pada saat diskusi kelompok besar, tidak semua siswa menaruh perhatian yang sama, karena itu tugas guru sebagai pemimpin diskusi untuk membangkitkan perhatian anak terhadap masalah yang sedang didiskusikan.

Di samping itu, distribusi siswa yang ingin berpendapat perlu diperhatikan. Diskusi kelompok besar dalam hal pembicaraan sering didominasi oleh anak-anak tertentu, akibatnya tidak semua anak berkesempatan untuk berpendapat. Salah satu cara untuk menghindari keadaan itu, pemimpin diskusi perlu mengatur distribusi pembicaraan. Tugas terberat bagi pemimpin diskusi adalah menumbuhkan keberanian peserta untuk mengemukakan pendapatnya. Praktik diskusi kelompok besar tidak sedikit anak-anak yang kurang berani berpendapat dalam berdiskusi. Terlebih bagi anak yang kurang menguasai permasalahan yang menjadi bahan diskusi. Sedangkan untuk diskusi kelompok kecil itu sendiri yaitu Menurut Edi Soegiarto dan Yuliarni Nurani diskusi kelompok kecil adalah bentuk mengajar klasikal biasa yang memungkinkan guru dalam waktu yang sama menghadapi beberapa kelompok kecil yang belajar secara berkelompok.

Diskusi kelompok kecil juga merupakan suatu proses yang teratur dengan melibatkan sekelompok siswa dalam interaksi yang kooperatif yang optimal dengan tujuan berbagai informasi atau pengalaman, mengambil keputusan atau memecahkan suatu masalah.

Diskusi kelompok kecil dapat dipandang sebagai sebuah variasi dari pola interaksi yang penting dikembangkan dalam proses belajar mengajar. Variasi proses belajar mengajar dengan cara diskusi kelompok kecil dapat menumbuhkembangkan pemikiran peserta didik untuk berpikir lebih kritis dan lebih rasional.Tidak semua pembicaraan yang dilakukan oleh sekelompok kecil orang dapat disebut sebagai diskusi.


Sumber: https://infinidb.org/line-rangers-apk/

Posted on: May 9, 2020, by :