October 1, 2020

Robotika Unikom Raih Delapan Medali

Robotika Unikom Raih Delapan Medali

Robotika Unikom Raih Delapan Medali

COBLONG – Dalam beberapa tahun terakhir, kontes robot semakin

banyak diminati berbagai kalangan. Baik mahasiswa ataupun umum. Ini memicu munculnya penyelenggaraan kontes robot mulai taraf nasional hingga mancanegara.

Negara yang menggelar kontes robot salah satunya Amerika Serikat dalam The 12th Annual Robogame di San Francisco beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, tim robotika Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berhasil menyabet delapan medali. Diantaranya, tiga medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu.

Dari depalan kategori kompetisi The 12th Annual Robogame, pihak Unikom berhasil unggul di kategori, Open Fire Fighting Robot, Open Table Top Navigation, dan Beam Speeder, dari kategori tersebut yang membuat peserta lain kagum adalah robot beam speeder.

Salah satu anggota Tim Robotika Unikom, Muhamad Ikbal Wiguna

, menyatakan para juri dan peserta memuji ketangguhan robot DU114-RETURN atau robot pemadam api. ”Robot pemadam api ini mendapat medali emas karena paling cepat menemukan dan memadamkan api,” katanya kepada wartawan saat melakukan jumpa pers di Ruang Seminar Unikom, belum lama ini.

Robot itu, menurutnya, harus secepat mungkin menemukan titik api

, lalu memadamkannya dengan air atau kipas. Lanjut dia, robot DU114-RETURN memiliki penampungan air berkapasitas 800 mili liter bisa bergerak mencari titik api dengan cara diperintah melalui tanda suara atau ditekan tombol aktifnya.

 

sumber :

https://merpati.co.id/seva-mobil-bekas/