kegunaan Kepiting bagi Kesehatan (Nutrisi Lengkap)

kegunaan Kepiting bagi Kesehatan (Nutrisi Lengkap)

Apakah Anda puas makan kepiting? Kepiting adalah tidak benar satu menu seafood yang disukai banyak orang bersama rasa gurih, segar, manis, dan enak. Kepiting termasuk punya kandungan banyak nutrisi untuk kesehatan. Ketahui manfaat kepiting untuk kesehatan, kandungan, efek samping, dll.

Kandungan Kepiting
Terdapat beberapa type kepiting yang sanggup dimakan layaknya kepiting jangkang, yuyu, bakau lumpur, rajungan, dungeness, kepiting raja Alaska, dll. Semua type kepiting selanjutnya punya kandungan nutrisi, vitamin, dan gizi yang seimbang.

Berikut ini kandungan nutrisi kepiting raja Alaska atau kepiting raja merah:

82 kalori
389 gram asam lemak omega
0 gram lemak total
16,4 gram protein
45 gram kolesterol
911 gram sodium
11% vitamin C berasal dari asupan harian yang disarankan
11% asam folat berasal dari asupan harian yang disarankan
163% vitamin B12 berasal dari asupan harian yang disarankan
13% magnesium berasal dari asupan harian yang disarankan
24% fosfor berasal dari asupan harian yang disarankan
43% zinc berasal dari asupan harian yang disarankan
50% copper berasal dari asupan harian yang disarankan
49% selenium berasal dari asupan harian yang disarankan
Selain dalam sajian segar, terkandung termasuk kepiting olahan dalam bentuk makanan beku yang sama-sama punya kandungan nutrisi selanjutnya tetapi dalam kandungan gizi yang 2-3 kali lebih rendah.

Manfaat Kepiting untuk Kesehatan
Olahan kepiting ditemukan dalam beragam menu lezat jadi berasal dari kepiting saus tiram, kepiting saus padang, sup kepiting, dll. Tidak cuma enak, daging kepiting punya kandungan beragam nutrisi untuk manfaat kebugaran layaknya menjaga jantung, tingkatkan proses kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dll.

1. Mengandung Asam Lemak Omega 3
Kepiting adalah sumber asam lemak omega 3 yang tinggi. kegunaan asam lemak omega 3 adalah tingkatkan kebugaran mata, perkembangan otak, dan untuk beberapa orang sanggup mengurangi kandungan kolesterol jahat.

Kandungan ini termasuk sanggup mendukung untuk mengatasi gejala kegelisahan, depresi, mengurangi risiko sindrom metabolik, peradangan, dan penyakit autoimun. Asupan Omega-3 termasuk dipercaya sanggup mengurangi risiko beberapa type kanker layaknya usus besar, prostat, dan payudara.

2. Meningkatkan Aktivitas Mental
Kepiting punya kandungan vitamin B2, copper, dan asam lemak omega-3 yang berperan untuk tingkatkan manfaat kognitif, perkembangan otak, dan kebolehan proses saraf. Kombinasi kandungan selanjutnya termasuk dipercaya sanggup mengurangi risiko peradangan dan plak pada otak.

Selain itu, kandungan selenium di daging kepiting termasuk berfaedah untuk tingkatkan beragam manfaat otak layaknya manfaat motorik koordinasi, memori, dan kognisi. Kandungan ini termasuk dipercaya sanggup mengurangi risiko perihal penyakit pada otak layaknya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

3. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi
Fosfor adalah tidak benar satu mineral penting yang dibutuhkah tubuh untuk tingkatkan kebugaran tulang dan gigi. Kepiting termasuk punya kandungan fosfor yang sesudah itu dikaitkan untuk tingkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis di era depan.

Selain fosfor, kepiting termasuk punya kandungan magnesium, copper, zat besi, zinc, vitamin C, dan B yang secara alami bertujuan untuk tingkatkan massa dan kebolehan tulang.

4. Mengatasi Peradangan
Peradangan adalah anggota berasal dari tanggapan proses kekebalan tubuh Anda pas mengatasi infeksi, serangan penyakit, atau cedera lainnya. Tubuh Anda dapat mengalami peradangan dalam rangka menyembuhkan dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk melancarkan peradangan selanjutnya adalah asam lemak omega 3 dan beberapa nutrisi esensial lainnya yang termasuk bergantung di daging kepiting. Kandungan ini termasuk efektif untuk mengatasi peradangan sendi, saluran pencernaan, dan asam urat.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat makan kepiting yang selanjutnya adalah untuk tingkatkan proses kekebalan tubuh. Daging kepiting punya kandungan selenium dan riboflavin yang berperan untuk menjaga proses kekebalan tubuh Anda. Kekebalan tubuh adalah proses penting untuk menjaga Anda berasal dari serangan infeksi dan penyakit.

Selain itu, daging kepiting termasuk punya kandungan antioksidan yang berperan untuk menetralkan radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan sel-sel tubuh bermutasi dan tingkatkan beragam risiko penyakit kronis termasuk kanker berbahaya.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Salah satu olahan kepiting yang paling diminati adalah sup kepiting. kegunaan sup kepiting adalah untuk tingkatkan sirkulasi darah gara-gara kandungan copper di dagingnya.

Copper mendukung penyerapan zat besi di perut untuk mendukung memproduksi sel darah merah untuk kelancaran sirkulasi darah beroksigen. Selain itu, manfaat copper bagi tubuh adalah untuk mendukung proses pengobatan dan perkembangan sel-sel yang terganggu akibat penyakit atau cedera tertentu.

8. Membantu Detoksifikasi Tubuh
Kandungan fosfor yang tinggi di dalam daging kepiting termasuk mendukung menjaga kerja ginjal dan hati yang sesudah itu dikaitkan bersama pelepasan dan penyaringan racun-racun di tubuh.

Detoksifikasi adalah tidak benar satu cara untuk menyaring racun dan bakteri beresiko di dalam tubuh. Ini termasuk berfaedah untuk tingkatkan efisiensi metabolisme secara keseluruhan. Walaupun demikian, manfaat detoksifikasi ini kemungkinan tidak dirasakan secara langsung dan penelitian lanjutan tetap dibutuhkan.

9. Mengandung Protein
Berdasarkan Centers for Disease Control plus Prevention (CDC), wanita dianjurkan untuk memenuhi keperluan protein harian sebanyak 46 gram dan pria 56 gram. Anda sanggup memenuhi keperluan selanjutnya bersama konsumsi daging kepiting. Setiap 85 gram daging kepiting punya kandungan sekitar 16,45 gram protein.

Manfaat protein bagi tubuh adalah untuk memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak secara konstan, membangun otot, memproduksi hormon, enzim, jaringan kulit, memproduksi darah, dan manfaat berarti lainnya bagi tubuh.

Belum ada penelitian tertentu perihal manfaat telur kepiting, tetapi daging kepiting punya kandungan 20 asam amino yang diperlukan tubuh Anda untuk memproduksi protein baru ini.

10. Mengandung vitamin B12
Terdapat beragam macam manfaat makan kepiting. Anda dianjurkan untuk makan daging kepiting untuk beroleh asupan vitamin B12.

Setiap 85 gram daging kepiting punya kandungan sekitar 9,78 mikrogram vitamin B12. Berdasarkan National Institutes of Health, vitamin ini diperlukan untuk tingkatkan manfaat otak dan mengurangi risiko risiko penyakit kardiovaskular.

11. Mendukung Kesehatan Otak Ibu dan Janin
Berdasarkan anjuran berasal dari Food plus Drug Administration (FDA) dan Environmental Protection Agency (EPA), daging kepiting masak adalah pilihan seafood terbaik dan paling safe pas hamil.

Manfaat kepiting untuk ibu hamil adalah untuk mendukung kebugaran otak ibu dan janin. Kepiting punya kandungan asam lemak omega 3 (DHA) untuk tingkatkan kebugaran mata, kecerdasan, keterampilan komunikasi dan sosial, serta mengurangi risiko keterlambatan perkembangan dan ADHD.

Peringatan dan Efek Samping Konsumsi Kepiting
Terdapat beragam manfaat kepiting bagi kesehatan, tetapi Anda tidak dianjurkan untuk konsumsi kepiting setengah masak atau mentah, terlebih pas tengah hamil atau menyusui. Makanan laut mentah sanggup tingkatkan risiko keracunan makanan pada dewasa, orang tua, anak-anak, dan wanita hamil.

Selain itu, Anda termasuk dianjurkan untuk menghalangi asupan makanan laut untuk mengurangi risiko paparan merkuri berlebihan di tubuh yakni 2 porsi per minggu. Anda termasuk perlu menghalangi asupan kepiting dalam bentuk makanan beku gara-gara tidak punya nutrisi sebanyak kepiting segar.

Itulah beragam manfaat kepiting untuk ibu hamil dan umum. Makanan laut ini tidak cuma enak tetapi termasuk menyehatkan tubuh. Semoga Info ini bermanfaat.

Baca Juga :

Posted on: April 11, 2020, by :