Komisi X DPR Dukung Rencana Nadiem Hapus UN

Komisi X DPR Dukung Rencana Nadiem Hapus UN

Komisi X DPR Dukung Rencana Nadiem Hapus UN

Komisi X DPR Dukung Rencana Nadiem Hapus UN
Komisi X DPR Dukung Rencana Nadiem Hapus UN

Komisi X DPR yang membidangi masalah pendidikan mendukung rencana Mendikbud

Nadiem Makarim untuk menghapus ujian nasional atau yang disebut Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) atau UN (Ujian Nasional). Menurut Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf, USBN sebenarnya bukan indikator kelulusan, melainkan alat ukur standardisasi kemampuan siswa.
ADVERTISEMENT

“Namun dalam perkembangannya

, (USBN) berubah menjadi standar kelulusan, jadi banyak sekolah, kabupaten, provinsi, yang memaksakan agar seolah-olah lulus semua dan siswa jadi sekadar menghafal jawaban yang akan keluar,” kata Dede kepada kumparan, Rabu (11/12).
Menurut Dede Yusuf, pemikiran tersebut harus diubah. Apalagi, kompetensi antara daerah urban dan daerah-daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) tidak bisa disamakan.
Ilustrasi ujian SBMPTN
Ilustrasi ujian SBMPTN Foto: UGM

“Paradigma survei kemampuan, apakah perlu semua siswa

atau cukup sampling saja. Karena antara daerah urban dengan daerah 3T juga akan berbeda pola pendidikan, sarana dan prasarana, kompetensi. Tidak bisa disamakan,” jelasnya.
Meski demikian, Dede Yusuf mengingatkan agar kebijakan Kemendikbud tersebut bisa konsisten. Ia juga menyarakan, agar Kemendikbud membuat kebijakan yang bersifat jangka panjang.
“Harus ada sustainable policy, artinya kebijakan yang sifatnya 5 tahunan dan ada yang jangka panjang 10 tahun ke atas. Karena pendidikan pada dasarnya adalah investasi jangka panjang. Tapi harus dimulai dari sekarang juga,” tutur Dede Yusuf.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/

Posted on: February 3, 2020, by :