September 29, 2020
Kisah Sri Mulyani menjadi Guru SLB

Kisah Sri Mulyani menjadi Guru SLB

Kisah Sri Mulyani menjadi Guru SLB

Kisah Sri Mulyani menjadi Guru SLB
Kisah Sri Mulyani menjadi Guru SLB

Sri Mulyani merupakan guru sekolah luar biasa (SLB) As-Syafiiyah Kota Bekasi

. Ia sudah 27 tahun mengajar siswa berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Bagaimana dia bisa menjadi guru SLB? berikut kisahnya.

Profesi yang dijalani oleh Sri Mulyani selama puluhan tahun berawal dari rasa penasaran serta keingintahuannya tentang seorang pelajar yang tak bisa berbicara tetapi tetap semangat mengenyam pendidikan. Pelajar itu kerap dijumpai di sekolahnya ketika Sri masih SMP.

”Awalnya itu saya nggak tahu, terus penasaran kok ada orang nggak

bisa bicara tapi bisa bersekolah. Dulu saya masih SMP setiap pulang sekolah saya selalu melewati sekolah tersebut sampai akhirnya ada guru yang menghampiri saya dan bertanya kepada saya ”Ada yang bisa ibu bantu, nak?,” cerita Sri dengan ekspresi wajah sedikit sedih, kepada Radar Bekasi, Senin (21/10).

Dari pertemuan itu, Sri baru mengetahui bahwa pelajar tersebut merupakan siswa berkebutuhan khusus. Sejak saat itu, dia bertekad ingin menjadi guru SLB.

Keinginannya menjadi guru SLB sempat ditentang oleh banyak orang, termasuk keluarganya karena dikhawatirkan dia dapat tertular penyakit dari siswa SLB saat mengajar nanti.

”Banyak yang menentang (menjadi guru SLB), termasuk keluarga saya

. Menurut keluarga saya, penyakit yang diderita oleh siswa berkebutuhan khusus itu menular, padahal tidak,” ujar Sri saat ditemui mengenakan seragam PNS dengan jilbab kuning tersebut.

Namun, Sri berusaha meyakinkan keluarganya bahwa penyakit yang diderita oleh siswa berkebutuhan khusus tidak menular. Mendengar penjelasan itu, akhirnya keluarganya merestui cita-citanya tersebut.

Lulus SMA, dia langsung melanjutkan pendidikan program D2 spesialis tunarungu di Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa (SGPLB) Negeri Surakarta Jawa Tengah pada 1989.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/