October 28, 2020
Pengertian Keluarga

Pengertian Keluarga

Table of Contents

Pengertian Keluarga

Pengertian Keluarga
Pengertian Keluarga

Keluarga adalah sekelompok orang yang mendiami suatu bangunan yang tinggal bersama dan makan dari satu dapur yang tidak terbatas pada orang-orang yang mempunyai hubungan darah saja, atau seseorang yang mendiami sebagian atau seluruh bangunan yang mengurus keperluan hidupnya sendiri.

Keluarga berasal dari bahasa Sansekertakula dan warga “kulawarga” yang berarti “anggota” atau “kelompok kerabat”. Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah, bersatu. Keluarga inti (”nuclear family”) terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak mereka.

Berikut adalah Definisi Keluarga menurut beberapa ahli :

  • Menurut Sigmund Freud, keluarga itu terbentuk karena adanya perkawinan pria dan wanita. Lain halnya Adler berpendapat bahwa mahligai keluarga itu dibangun berdasarkan pda hasrat atau nafsu berkuasa.
  • Menurut Durkheim, berpendapat bahwa keluarga adalah lembaga sosial sebagai hasil faktor-faktor politik , ekonomi dan keluarga.
  • Menurut Ki Hajar Dewantara sebagai tokoh pendidikan, berpendapat bahwa keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki, esensial, dan berkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itu untuk memuliakan masing-masing anggotanya.
  • Menurut Departemen Kesehatan RI (1998), keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
  • Menurut Salvicion dan Ara Celis, keluarga adalah dua atau lebih dari dua individu yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidupnya dalam suatu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan didalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

Dari pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa keluarga adalah :

-Unit terkecil dari masyarakat

– Terdiri atas 2 orang atau lebih

  1. – Adanya ikatan perkawinan atau pertalian darah
  2. – Hidup dalam satu rumah tangga
  3. – Di bawah asuhan seseorang kepala rumah tangga
  4. – Berinteraksi diantara sesama anggota keluarga
  5. – Setiap anggota keluarga mempunyai peran masing-masing
  6. – Diciptakan, mempertahankan suatu kebudayaan

Sumber :https://indianapoliscoltsjerseyspop.com/