UNISSULA LAKSANAKAN INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN TINGGI

UNISSULA LAKSANAKAN INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN TINGGI

Internasionalisasi pendidikan dirancang untuk bisa membuahkan lulusan yang bisa berkompetisi di dalam dunia global. Perguruan tinggi tidak hanya berperan di dalam membuahkan lulusan berkwalitas di dalam hal akademik, tapi juga membuahkan lulusan yang memiliki penguasaan multibahasa dan memiliki pemahaman antar budaya. Dalam menghadapi kompetisi global, identitas bangsa Indonesia wajib terus dipelihara dan dikembangkan lewat sistem pendidikan nasional yang terkait pada kekayaan kultur budaya nasional.

Fenomena masuknya pendidikan internasional bukan hanya semata-mata kekuatiran kondisi kompetisi yang jadi memanas atau kuatir menguapnya beberapa sumberdaya ekonomi nasional ke luar negeri. Namun lebih jauh dari pada itu rusaknya sistem nilai dan hilangnya simpul peradaban yang akan mulai dampaknya hingga pada beberapa generasi ke depan.

Beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia sudah mensikapi bersama laksanakan perombakan di berbagai segi mulai dari kurikulum, penerapan cyber kultur, pengembangan jaringan kerjasama hingga infrastruktur fisik yang mendukung kenyamanan maupun tampilan berstandar internasional.

Profil perguruan tinggi di Inggris bisa dijadikan bandingan institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang berstandar Internasional, kami menyaksikan Unissula sebuah perguruan tinggi di Semarang melejit laksanakan pergantian menuju World Class Islamic Cyber University.www.unissula.ac.id

Profil Perguruan Tinggi di Inggris

University of Hertfordshire, Belajar di Tepi Taman Hutan

Kampus yang memiliki jurusan unggulan Art and Design, Business, Computer Science, Engineering, Law dan Biosciences ini sekarang memiliki kurang lebih 160.000 mahasiswa.

Berdiri pada 1952 dan tersebar ke di dalam tiga daerah universitas berbeda, yaitu College Lane Campus, de Havilland Campus, dan St Albans Campus, University of Hertforshire juga kondang sebagai pusat studi yang mencampurkan pusat baca dan pc di satu perpustakaan. Kalau tersedia waktu senggang setelah belajar, dari universitas ini anda bisa mendatangi Aldenham Country Park, yaitu sebuah taman bersifat hutan yang memuat bendungan seluas 260.000 meter persegi.

The University of Sheffield, Perpustakaannya Nomor Satu

The University of SheffieldBerdasarkan survei nasional yang ditunaikan di kalangan pelajar Inggris, The University of Sheffield ditaruh sebagai satu dari lima universitas top di Inggris. Bahkan, di dalam survei Times Higher Education Student Experience atau THES, lebih dari 10.000 pelajar menentukan universitas ini sebagai universitas no satu di Inggris berdasarkan sarana perpustakaan. Perpustakaan mereka lengkap dan ramah teknologi.

Lebih dari 3.900 pelajar internasional yang mewakili 125 negara tengah studi di universitas ini. Mereka tersebar di tujuh fakultas unggulan, yaitu Faculty of Arts and Humanities; Faculty of Engineering; Faculty of Medicine, Dentistry and Health; Faculty of Science; Faculty of Social Sciences; dan International Faculty-City College Thessaloniki. Seputar profil mereka bisa dilihat di www.sheffield.ac.uk/..

University of Buckingham, Kampus Swasta Nomor Satu di Inggris
Inilah hanya satu universitas swasta Inggris yang terpilih sebagai institusi pendidikan no 1 pada 2006 versi National Student Survey yang digagas oleh the Government’s Higher Education and Funding Council of England (HEFCE).

Saat ini, terdapat 11.000 mahasiswa tengah studi di sini bersama Teknologi Informasi sebagai bidang studi unggulannya. Menariknya, Kota Buckingham dikitari banyak gedung-gedung bersejarah, keliru satunya gedung Old Gaol yang kini diubah menjadi sebuah museum lokal. Atau, The Silverstone Race Circuit sebagai “The home of British Formula One”, yang tetap repot sepanjang tahun. Profil menarik universitas ini bisa dilihat di www.buckingham.ac.uk.

Pada th. ajaran 2008/2009 lalu, universitas ini tempati posisi ke dua terfavorit pilihan pelajar dari Indonesia di bawah University of Manchester. Berdiri pada 1825, University of Birmingham memiliki bidang studi unggulan dan terbaiknya di bidang Science, Engineering, Health Sciences, Business dan Humanities.
Sebagai keliru satu “kampus internasional” terbesar di Inggris, universitas ini memiliki 145.000 siswa dari 190 negara di dunia dan menjadi sebuah persinggahan para calon-calon profesional muda. Asyiknya, ketekunan mereka studi di sini bisa diselingi bersama mendatangi beberapa daerah favorit seperti The Mailbox, Bullring, Bustling Market, Soho House, atau Custard Factory.

Northumbria University: Merasakan Kenyamanan Newcastle
Didirikan pada 1992, Northumbria University memiliki dua universitas di Newcastle. Jurusan unggulannya pada lain Arts and Social Sciences, Built Environment, Design, Health, Community and Education, Newcastle Business School, dan juga yang unik, Psychology and Sports Sciences.

Ternyata, Jonathan Ive, Lead Designer dari iMac dan iPod yang anda pegang itu adalah alumni universitas ini. Selain bisa studi nyaman bersama sarana olahraga senilai 30 juta poundsterling, dari universitas yang menampung 31.500 siswa ini anda juga bisa jalan-jalan ke Tyne Bridge, Newcastle Quayside, Grey’s Monument, atau Newcastle Civic Centre.

Bournemouth University,Terbaru dan Terbaik di Inggris
Kalau berkenan merasakan kuliah di kota kecil yang tenang, tapi tetap memiliki sarana laiknya berada di kota-kota besar Inggris lainnya, anda bisa menentukan universitas ini. Pasalnya, mereka menginvestasikan £1.5 juta hanya khusus untuk sarana teknologi komunikasi dan informasinya.

Pertimbangan menimba ilmu di Bournemouth University pasti bukan hanya dikarenakan lokasinya yang strategis. Kampus bersama 17.000 mahasiswa ini juga berkomitmen untuk tetap berkembang, dikarenakan terbukti sudah menginvestasikan £1.5 juta khusus untuk sarana teknologi komunikasi dan informasinya demi prinsip itu.
Hasilnya? Tercatat, 91 persen lulusannya bisa menentukan untuk meneruskan studi tingkat lanjutnya di dalam waktu enam bulan, atau langsung bekerja. Menurut catatan The Guardian University Guide 2009-2010, universitas ini merupakan universitas baru yang terbaik di Inggris. Jurusan unggulannya, Tourism and Hospitality, menjadi no 1 di The Guardian University Guide 2008-2009 tersebut.

Jurusan lainnya tersedia Media Production, Communications, Computer Animation, dan juga Conservation Sciences. Alumni dari universitas yang didirikan sejak 1976 ini pada lain adalah David Lassman (penulis dan jurnalis seni), Karl Neilson (sutradara serial TV East Enders) dan Reza Dehghani (founder of Criminal Clothing – UK Clothing). Ketertarikan bersama bersama profil mereka bisa disimak di www.bournemouth.ac.uk.

UNISSULA Universitas Andal di Era Digital

Universitas Islam Sultan Agung disingkat UNISSULA, adalah sebuah perguruan tinggi yang memadai ternama di Semarang Jawa Tengah. Rektor yang memimpin sekarang adalah Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin. Pada waktu ini UNISSULA memiliki 27 program studi jenjang Diploma (DIII), Sarjana (S1) dan Magister (S2). Dengan kebanyakan jumlah lulusan pertahun 1.500. Jumlah Student body th. 2008-2009 sejumlah 9044. Lahan Kampus yang dimiliki seluas 35 hektar, merupakan universitas yang memadai luas dan terpadu, terdapat di Jalan Kaligawe Km 4 Semarang.

Memiliki Kampus Terpadu yang lokasinya terlampau strategis, berada di jalur utama propinsi, yang hijau, sejuk dan nyaman, bersama berbagai sarana penunjang yang tersedia di dalamnya seperti masjid, lapangan olah raga, laboratorium, bank, kantin, student center, perpustakaan dan lain-lain.

Unissula laksanakan kerjasama bersama perguruan tinggi nasional maupun internasional, seperti Undip, UI, Unpad, Unisba, UGM dan beberapa perguruan tinggi nasional lainnya. Kerjasama bersama perguruan tinggi luar negeri diantaranya bersama Universitas Islam Antar Bangsa- Malaysia, Western Mindanau State University – Fhilipine, Universitas Teknology Malaysia, Hiroshima University – Japan.

World Class Islamic Cyber University

Unissula menerapkan “cyber culture” lewat cyber teaching di dalam sistem studi mengajar, dimana penggunaan Teknologi Informasi (IT) ataupun E-Learning tengah digalakkan. Dengan penerapan cyber teaching ini mahasiswa bisa terhubung materi kuliah, mengumpulkan tugas, berdiskusi dan mengerjakan soal-soal quiz lewat internet, agar mereka bisa studi kapan saja dan dimana saja.

World Class Islamic Cyber University bukanlah jargon ataupun tagline semata, dikarenakan secara progresif universitas ini mengembangkan penggunaan teknologi Terestrial Digital Multimedia Broadcasting (TDMB). Sedangkan untuk mendukung berbagai kesibukan dan kebutuhannya bersama pertolongan teknologi informasi.

Melalui teknologi TDMB ini Unissula bisa laksanakan con-vergensi nada (audio), gambar (video) dan data, yang bisa diakses secara gampang lewat receiver (alat penerima) bersifat HP, laptop/PC dan juga TV.
Melalui keunggulan cyber dan teknologi TDMB mahasiswa Unissula bisa terhubung perkuliahan, bahan ajar, maupun berbagai materi perlu lainnya hanya lewat hand phone yang sudah pasti wajib di-upgrade terlebih dahulu, ataupun lewat computer/ laptop yang terkoneksi bersama internet.

Teknologi ini pula yang nantinya akan dikembangkan bukan hanya untuk kepentingan studi mengajar di universitas tapi juga bagi dunia kesehatan, dan juga untuk pengembangan usaha kecil menengah (UKM). Untuk isi content gambar (video) dan juga, nada (audio) Unissula akan menjadi universitas broadcasting yang disiarkan secara digital. Konsep Unissula untuk menjadi universitas broadcasting bersama menggunakan teknologi TDMB ini sudah mendapatkan pengakuan internasional, dimana waktu ini Unissula secara formal sudah menjadi hanya satu universitas di Asia Fasifik yang menjadi bagian AIBD (Asia Pacific Institute for Broadcasting Development), yaitu sebuah organisasi gabungan instansi penyiaran internasional se Asia-Pasifik yang berbasis di Kuala Lumpur. Dengan menjadi member AIBD, Unissula memiliki link (jaringan) kerja mirip bersama industri broadcasting di Asia Pasifik. Kerjasama selanjutnya bisa bersifat content siaran, maupun kerja mirip di bidang pengembangan SDM.

Untuk menjadi cyber universitas dan universitas broadcasting, berbagai persiapan baik dari infrastruktur maupun sumber energi manusianya sudah dipersiapkan secara matang. Untuk infrastruktur dan pengadaan peralatan, waktu ini Unissula sudah selesai membangun tower transmitter, hading peralatan dan teknologi broadcasting, dan pembangunan studio siaran, yang lokasinya berada di cyber building Fakultas Teknologi Industri.

Untuk kesiapan SDM, Unissula sudah laksanakan training SDM bersifat Training TV Production yang diadakan sepanjang satu bulan bersama menghadirkan pakar pakar TV production terbaik dari Multimedia Training Centre dan TVRI. Bahkan dua peserta pelatihan yang paling punya bakat sudah dikirim ke Singapura untuk praktik pengambilan gambar dan membuat mengolah acara di sana.

Perpustakaan Digital

Tidak hanya suka hingga disitu di dalam upayanya menjadi universitas terdepan bersama keunggulan cyber universitas ini secara cerdik mengkonsep sebuah perpustakaan canggih bersama keunggulan piranti digitalnya. Idealnya perpustakaan merupakan daerah yang nyaman agar pengunjung betah berlama lama untuk tingkatkan kompetensi dan pengetahuannya, dan usaha itu sudah ditempuh Unissula bersama membuat sebuah perpustakaan yang dilengkapi sarana cyber, ruang diskusi, sarana multimedia, kafetaria, dan service yang serba canggih dan tidak ribet.

Membangun Jejaring Internasional

Tidak hanya berpuas diri bersama mengembangkan teknologi informasi, juga terus membangun jejaring bersama pusat pusat peradaban dunia seperti bersama Prancis, Amerika, Jepang, Korea, Maroko,Turki, China, Mesir dan lain sebagainya

Hal selanjutnya terlihat paham dari kerjasama pendidikan bersama Universitas Nantes, Hirashima University, Hankuk university, Fatih University, Universitas Al Azhar, Universitas Sidi Mohammed Ben Abdal-lah, L niversitas AJ Alchauajn.

Twin University Dengan Universitas Maroko

piagam twin university 1Pada tanggal 10 Desember 2010 Rektor Unissula Prof Dr Laode Kamaluddin dan Rektor Universitas Sidi Mohammed ben Abdallah Maroko Prof Dr Esserhini Farissi di tandatangani kesepakatan sebagai Twin University. Dalam sambutannya Rektor Unissula memberikan bersama ditandatanganinya kesepakatan ini, berarti sudah berlangsung loncatan Unissula menjadi standar dan rujukan berbagai universitas dari berbagai negara, bersama demikian tercapai sudah keliru satu indikator Unissula sebagai universitas bertaraf internasional.

Baca Juga :

Posted on: November 26, 2019, by :