NEGOSIASI LEWAT E-MAIL

Table of Contents

NEGOSIASI LEWAT E-MAIL

Kemajuan tehnologi digital membawa dampak komunikasi tidak mengenal batas area dan waktu, kepentingan negosiasi pas ini bisa bersama mudah dilakukan secara efisien tanpa laksanakan Kedatangan personal yang memerlukan cost dan waktu. Dalam kehidupan sehari hari untuk bisa tercapainya kepentingan, untuk kepentingan usaha atau lainnya dibutuhkan negosiasi yang lebih efektif, cepat dan murah. Negosiasi masa digital amat mungkin tercapainya sebuah kesepakatan bersama mitra negosiasi sehingga target kami bisa tercapai lebih maksimal.

Kemenangan Bisnis Bebasis Digital
Sebuah ilustrasi pengalaman khusus usaha berbasis digital, Penulis Azhar Muhammad membawa usaha dibidang perdagangan T-Shirt (kaos oblong) bersama lebel Kholifah T-Shirt yang dipasarkan kebeberapa kota di Jawa Tengah. Prinsip kaos yang laku keras di pasar riel jika bisa menghadirkan kaos bersama tema yang cocok tren yang di terima dimasyarakat. Momentum World Cup saya mengfungsikan untuk mendongkrak penjualan kaos bersama mengusung kaos tim kesebelasan pemenang World Cup dan gambar pemain terbaik. Hasilnya dua hari setelah World Cup di Afrika Selatan yang dimenangkan oleh Tim Matador, saya telah menjual 500 lusin kaos Tim Spanyol selanjutnya kaos bergambar pemainnya.

Proses yang saya laksanakan adalah sebagai selanjutnya :

Jauh hari sebelumnya saya persiapkan lebih dari satu alternative disain kaos, negosiasi bersama produsen kami laksanakan via e mail bersama produsen di Jakarta gambar design kami lampirkan, selanjutnya saya persiapkan sejumlah duit yang lumayan direkening saya di Bank BCA untuk persiapan membayar cost memproses dan pengiriman pesanan. Selang lebih dari satu pas setelah kesebelasan Spanyol memenangkan World Cup langsung saya laksanakan deal pesanan kaos selanjutnya transfer biaya, malam itu termasuk karyawan di Jakarta lembur kerja dan sehari berikutnya saya telah bisa terima kiriman T-Shirt cocok pesanan yang langsung didistribusikan kepada pengecer. Sebuah ledakan keuntungan usaha saya rebut karena kebolehan bergerak lebih cepat bersama pemberian tehnologi digital.

Prinsip Negosiasi
Negosiasi berprinsip pada hasil negosiasi bakal senantiasa membawa dampak kepuasan keperluan dan permohonan ke dua belah pihak yang terlibat, atau setidaknya tingkatan target tertentu. Aturan yang mendasar komitmen negosiasi tersedia empat :
Memisahkan perasaan khusus bersama kasus yang dihadapi.
Berfokus pada kepentingan, bukan posisi
Catatan lebih dari satu pilihan sebelum akan membawa dampak keputusan terakhir
Memastikan bahwa hasil negosiasi diukur pada persyaratan obyektif
Negoisasi Via e-Mail
Negosiasi tatap muka bakal memaksimalkan peluang Anda untuk capai hasil win-win negosisasi yang rimit dan formal. Negosiasi tatap muka menghadirkan kenyamanan emosi dari tangkapan nuansa perkataan, gerak tubuh dan ekspresi wajah. Dalam negoisasi penting, pemakaian e mail cuma untuk merangkum keputusan yang telah disepakati atau mengirim informasi yang relevan. Negoisasi via e mail terlampau efisien untuk menggandakan hasil nogosiasi tatap muka yang sebelumnya dulu dilakukan atau kepentingan transaksi bersama prosedur online. Akan namun jika tersedia lebih dari satu bagian negosiasi yang kudu dibicarakan maka Anda kudu kembali negosiasi tatap muka atau melalui telpon.

Persiapan Negoisasi Lewat E-Mail
Negoisasi melalui e mail memerlukan pas yang lumayan dibandingkan bersama tatap muka yang bisa langsung tanya-jawab, tarik-ulur dan langsung ambil kesepakatan. Anda memerlukan jeda pas untuk memnunggu tanggapan mitra Anda atau untuk menyusun pesan yang inginkan disampaikan. Untuk negoisasi via e mail kudu persiapan :
Jernihkan anggapan Anda
Pikirkan posisi negoisasi Anda dan kenali posisi ideal, posisi realistis, posisi toleransi, dan posisi mundur.
Siapkan lebih dari satu solusi alternative didalam catatan Anda
Siapkan susunan kata dan ‘intonasi’ yang inginkan Anda gunakan
Konsisten pada Prinsip Negosiasi
Menyusun Teks e-Mail
Negoisasi melalui e mail memerlukan pemilihan struktur tulisan yang simple, lugas, mengerti dan hindari arti yang membias. Pemilihan intonasi yang pas merupakan bagian mutlak dari negosiasi melalui e-mail. Jangan terlampau cepat memasuki inti problem yang cuma membawa dampak mitra negosiasi tidak nyaman dan mencerminkan Anda tidak membawa lumayan waktu. Intonasi yang tidak pas bisa membawa dampak lawan negosiasi Anda menyita posisi tidak bersahabat atau bersikap defensive.
Negosiasi yang hangat dan ramah bakal mengesankan bahwa Anda memperlakukan mitra Anda secara manusiawi. Ada baiknya Anda ungkapkan prolog yang mengimbuhkan kesan kesamaan pikiran, minat, kesukaan atau hobi yang bisa mendekatkan persahabatan.

Sampaikan penawaran anda secara mengerti dan mengesankan win-win, selanjutnya tutuplah bersama kalimat pengharapan kerjasama yang baik dan tunjukkan bahwa Anda adalah mitra yang sabar tunggu berita baik.

Memantau Kecepatan Tanggapan
Seperti yang saya utarakan diatas bahwa negosiasi melalui e mail memerlukan jeda pas tanggapan. Jeda pas inilah yang membawa dampak negosiasi melalui e mail lebih matang didalam pertimbangan dan pengambilan keputusan yang efisien untuk win-win. Adakalanya terjadi penundaan tanggapan yang didasari alasan yang kuat, layaknya kesibukan pekerjaan, atau hanyalah taktik halus untuk menunda sistem kesepakatan.
Anda kudu memonitor secara tentu bahwa kecepatan tanggapan lawan, kudu pas mengimbuhkan e mail susulan yang menanyakan tindaklanjutnya sekitar barang pas dua hari setelah e mail terkirim. Bila tidak mengimbuhkan tanggapan boleh termasuk Anda hubungi melalui telpon atau SMS yang pertanda bahwa Anda telah mengirim sebuah penawaran secara tertulis.

Artikel Lainnya : motivation letter

Keunggulan
Negoisasi melalui e mail merupakan pengembangan dari negosiasi tatap muka, melalui surat dan melalui telpon. Penggunaan e mail didalam bernegoisasi usaha dan kepentingan social lainya amat mungkin sebuah negoisasi yang efektif, murah, tercatat, berisi knowledge yang dibutuhkan dan bisa dipertanggung jawabkan. Dengan laksanakan negosiasi melalui e-mail, Anda bisa meningkatkan kapasitas khusus untuk beragam kepentingan yang tidak dibatasi area dan waktu.

Baca Juga :

Posted on: November 26, 2019, by :