GIS Mapinfo

GIS Mapinfo

GIS Mapinfo

GIS Mapinfo
GIS Mapinfo

Pengertian GIS (Geographic Information System)

GIS adalah suatu sistem informasi menyangkut keberadaan obyek di permukaan bumi berikut informasi yang terkandung di dalamnya yang mempunyai keterkaitan secara geografis dengan obyek lainnya. Secara sederhana GIS dapat digambarkan sebagai suatu sistem yang memberikan suatu jawaban atas suatu pertanyaan “ Ada apa disana?” Di dalam GIS, sistem yang dikembangkan adalah menyangkut segala hal yang berhubungan dengan pengumpulan, manajemen data spasial dan analisis terhadap obyek yang dilakukan dengan membuat overlay antar obyek.

GIS didefinisikan sebagai suatu sistem manajemen database yang terkomputerisasi untuk mendapatkan data, mengumpulkan data, mengolah kembali, mentransformasikan dan melakukan analisis sekaligus menampilkan obyek baik secara spasial maupun dalam bentuk tabel. Secara lebih komprehensif GIS didefinisikan sebagai suatu sistem yang terintegrasi menggunakan perangkat komputer untuk melakukan proses yang berkelanjutan dan menyeluruh yang meliputi pengumpulan data (capture), penyimpanan data (storage), pengaksesan data (retrieval), analisis dan menampilkan data (display) menggunakan posisi obyek di permukaan bumi yang terintegrasi untuk mendukung pengambilan keputusan.

Sistem informasi geografis atau Geographical Information System (GIS) menawarkan suatu sistem yang mengintegrasikan data yang bersifat keruangan (spasial / geografis) dengan data tekstual yang merupakan deskripsi menyeluruh tentang obyek dan keterkaitannya dengan obyek lain. Dengan sistem ini data dapat dikelola, dilakukan manipulasi untuk keperluan analisis secara komprehensif dan sekaligus menampilkan hasilnya dalam berbagai format baik dalam bentuk peta maupun berupa tabel atau report.

Sumber : http://alprostadil-mx.info/best-universities-for-education-degrees-2019/

Posted on: November 20, 2019, by :