TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK IBU RUMAH TANGGA

TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK IBU RUMAH TANGGA

TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK IBU RUMAH TANGGA

TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK IBU RUMAH TANGGA
TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK IBU RUMAH TANGGA

Seorang ibu rumah tangga biasanya memang sulit untuk memahami apalagi untuk mengoperasikan suatu perangkat yang biasa disebut orang komputer atau PC. Karna maklum, seorang ibu rumah tangga kewajibannya hanyalah mengurus suami dan anak-anaknya saja, tetapi ternyata teknologi informasi itu juga penting bagi mereka ibu rumah tangga untuk mempelajari lebih dalam komputer atau PC agar makin terbuka wawasan dan pengetahuan mereka mengenai  perangkat berbasis teknologi informasi tersebut.

Memang di era informasi ini, sudah sepatutnya bila ibu rumah tangga harus meningkatkan pengetahuan dengan memahami dan mengenal IT mulai dari mengoperasikan komputer sampai dengan membuka internet melalui Internet Explorer (IE) atau Mozilla Firefox. Namun sangat disayangkan berdasarkan data yang diperoleh, sekitar 60% pengguna hanya memanfaatkan internet untuk kepentingan berkomunikasi atau “ngobrol”.

Sebenarnya banyak informasi yang berkaitan dan bermanfaat untuk seorang ibu  rumah tangga yang sudah berkeluarga. Informasi ini dapat ibu-ibu akses melalui internet mulai dari resep masakan, cara hidup sehat, kecantikan, masalah bercocok tanam bahkan berita dan infotainment. Untuk kepentingan pendidikan anak dan membantu proses belajar, informasi yang berkaitan dengan psikologi anak juga materi pendidikan seperti soal-soal ujian dan materi untuk membantu tugas sekolah, juga dapat ibu-ibu akses melalui internet. Hingga saat banyak sekali situs-situs yang menyajikan data dan informasi yang bermanfaat untuk kepentingan rumah tangga secara instant.

Penggunaan internet selain untuk memperoleh informasi juga untuk komunikasi, misalnya mengirim email sekaligus komunikasi via chatting menggunakan fasilitas yang disediakan oleh situs-situs seperti Yahoo Mail, Yahoo Messenger, Facebook dan masih banyak lagi. Khusus dalam hal ber “chatting” , alangkah baiknya bila digunakan untuk saling menukar informasi yang bermanfaat lebih dari sekedar “ngrumpi” yang banyak menghabiskan waktu dan energi secara percuma.

Hal yang populer saat ini, dimana kondisi ekonomi makin sulit, ternyata internet dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan tambahan income keluarga dengan melakukan bisnis online via internet. Ibu-ibu dapat mengikuti program afiliasi atau langsung belajar dari ahli internet marketing atau bisa juga berkongsi dengan ibu-ibu yang lain dan berjualan lewat internet melalui penawaran dan meraih pelanggan.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengakses data dan informasi adalah dengan memanfaatkan Google sebagai mesin pencari (search engine). Diawali dengan mengetik www.google.com pada alamat website dan dilanjutkan dengan mengetik kata kunci atau penggalan kalimat tentang informasi yang hendak ibu-ibu cari pada kolom di halaman Google setelah itu cukup tekan tombol “enter” atau klik “Google Search”, maka tampilah semua pilihan informasi yang ibu-ibu perlukan. Selain Google, saat ini ada pula mesin pencari lainnya yang baru saja diluncurkan yaitu Bing.com, yang mana cara pengoperasiannya hampir sama. Bila ibu-ibu menginginkan informasi dalam bentuk format PDF, ibu-ibu dapat juga menggunakan mesin pencari lainnya seperti pada www.pdf-search-engine.com dan lain sebagainya. Tapi bagi ibu-ibu pemula yang baru saja belajar menggnakan internet cukup  menggunakan www.google.com

Mungkin itu saja yang bisa di sajikan dalam artikel ini untuk ibu-ibu rumah tangga. Jangan pernah takut untuk mencoba hal yang baru dalam kehidupan. Semoga artikel ini bermanfaat terutama untuk ibu-ibu rumah tangga yang kurang tanggap dalam penggunaan komputer ata PC dan internet.

Baca Juga

Posted on: October 21, 2019, by :