Peran Ayah dalam Kehidupan Anak

Peran Ayah dalam Kehidupan Anak

Setiap orang tua mempunyai peran setiap dalam kehidupan anak, baik ayah atau bunda. Di dalam family ibu lebih berperan sebagai pengasuh sekaligus perempuan yang sarat kasih sayang dan perhatian. Lalu apa peran Ayah? Bagaimana semua Ayah menanam diri dan berperan dalam keluarga? Berikut ini ialah beberapa peran ayah dalam kehidupan anak:

Memecahkan Masalah
Seorang ayah mesti dapat menjadi pemecah masalah yang dihadapi anak dan keluarganya. Sama laksana orang dewasa, anak pun mempunyai masalah dalam hidupnya, meskipun melulu masalah simpel saja laksana pertengkaran dengan rekan seusianya. Ayah sebagai pemecah masalah mesti menjadi penengah serta mengajari anak menuntaskan masalah dengan benar.

Teman
Ayah pun harus menjadi teman untuk anak-anaknya, dengan menjadi teman, anak bakal semakin dekat dengan sang ayah, anak pun bakal semakin memahami pentingnya seorang ayah dalam hidupnya. Jadilah motivator individu anak kita dan berikan semangat positif untuk anak masing-masing saat.

Pembimbing
Peran ayah dalam hidup anak selanjutnya ialah sebagai pembimbing. Ayah mesti bisa mengajari mana urusan yang baik dan urusan yang buruk untuk anak. Seorang ayah pun harus mengajarkan tindakan yang boleh dilaksanakan atau jangan dilakukan, serta berikan keterangan konsekuensinya andai anak melanggarnya.

Ayah yang tegas pun perlu menyerahkan arahan bahkan hukuman yang tepat guna anak asal tidak boleh keras terhadap anak, berilah definisi dalam masing-masing hukuman supaya anak sadar akan tindakan buruknya. Perlu diketahui, tidak boleh sampai anak menjauh dari sang ayah sebab hukuman-hukuman berat yang mesti ditanggungnya.

sumber : studybahasainggris.com

Posted on: October 18, 2019, by :