Strategi Komunikasi Antara Guru dan Orang Tua Guna Mendukung Perkembangan Anak

Strategi Komunikasi Antara Guru dan Orang Tua Guna Mendukung Perkembangan Anak

Guru ialah pengganti orang tua sekitar si Kecil di sekolah. Di samping itu, baik guru maupun orang tua mempunyai tujuan yang sama, yaitu menyokong proses belajar dan tumbuh kembang si Kecil. Karenanya, guru dan orang tua perlu membina kerja sama dan komunikasi yang baik sehingga edukasi di lokasi tinggal dan di sekolah berlajan selaras. Salah satu kunci untuk membina kerja sama yang baik ialah strategi komunikasi guru dan orang tua yang baik. Simak inilah ini yuk, Bu.

Saling mengenalkan diri sedini mungkin
Strategi komunikasi guru dan orang tua perlu dibuka sedini mungkin. Hal ini dapat dilakukan dengan Ibu mengantar si Kecil di hari kesatu sekolah dan berkenalan langsung dengan guru kelasnya.

Saling menggali informasi mengenai pekerjaan anak
Manfaatkan jalur komunikasi yang telah tersedia dengan sebaik-baiknya untuk menggali tahu tentang pekerjaan anak di sekolah dan berbagi mengenai pekerjaan anak di rumah. Misalnya melalui kitab komunikasi, grup komunikasi ruang belajar yang melibatkan guru kelas, dan menghubungi langsung guru ruang belajar melalui telepon maupun ketika pertemuan orangtua.

Kesepakatan tentang jam komunikasi
Sepakati jam komunikasi dengan guru ruang belajar dan menjalaninya. Misalnya, tanyakan pada guru kapan masa-masa yang tepat guna menghubungi melewati telepon atau software komunikasi serta pada hari apa dan jam berapa orang tua bisa bertemu langsung dengan guru di sekolah andai diperlukan. Hargai masa-masa isitirahat dan jam kerja guru ruang belajar dengan tidak menghubungi di waktu melatih dan di malam hari yang terlampau larut ya, Bu.

Bersikap terbuka
Bersikaplah tersingkap terhadap apa yang dikatakan guru tentang si Kecil dan juga tidak boleh ragu guna menyampaikan untuk guru ruang belajar pengalaman Ibu di rumah bareng si Kecil, terutama andai si Kecil merasakan masalah. Dengan bersikap terbuka, orang tua dan guru bisa sama-sama menggali solusi dan menolong si Kecil.

Hadir di acara sekolah si Kecil
Menghadiri pekerjaan sekolah si Kecil ketika diundang adalahstrategi komunikasi guru dan orang tua yang baik. Sebisa barangkali Ibu menghadiri acara orientasi ruang belajar si Kecil supaya dapat memahami serba-serbi pekerjaan si Kecil sekitar tahun latihan tersebut dan bisa bertanya langsung untuk guru andai ada yang tidak dipahami. Hadiri pula undangan diskusi tengah semester supaya Ibu dan guru bisa terus menyokong proses belajar si Kecil dan hadiri undangan laporan akhir semester supaya Ibu dapat mengetahui langsung laporan guru tentang perkembangan si Kecil.

Gunakan jalur komunikasi yang tepat
Misalnya, daripada bertanya ke grup orang tua tentang hal tertentu, usahakan Ibu bertanya langsung pada guru kelas. Jangan lupa guna selalu memakai bahasa yang sopan ya, Bu.

Agar strategi komunikasi guru dan orang tua bisa berhasil, Ibu butuh bersikap lugas. Jangan terlampau kaku sampai-sampai komunikasi dapat berjalan fasih dan santai, tetapi pun tetap sopan supaya terbangun sikap saling memuliakan antara guru dan orang tua. Dengan komunikasi yang baik, pasti Ibu dan guru dapat menyokong proses belajar si Kecil dengan lebih optimal.

Baca Juga :

Posted on: October 11, 2019, by :