Inilah Prospek Kerja Bagi Mahasiswa Akuntansi

Inilah Prospek Kerja Bagi Mahasiswa Akuntansi

Akuntansi bisa jadi merupakan salah satu jurusan paling populer yang dipilih karena prospek kerjanya. Nyatanya, lulusan akuntansi dibutuhkan oleh banyak jenis perusahaan di berbagai industri, mulai dari lembaga pemerintah, perusahaan startup, lokal, hingga multinasional. Jenjang kariernya pun jelas hingga posisi tinggi. Karena itu, tak heran jurusan ini masih banyak dijadikan pilihan oleh anak muda.

Meskipun sepintas lingkupnya terlihat sempit dan sama-sama bermain dengan angka, namun jangan salah nih! Ternyata lulusan akuntansi memiliki prospek kerja yang beragam dengan lingkup yang sangat bervariasi. Sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke jurusan akuntansi, ada baiknya kamu mengetahui beberapa prospek kerjanya yang cukup menjanjikan berikut ini.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Akuntan Publik
Akuntan publik merupakan akuntan yang mengantongi izin resmi dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik di Indonesia. Pekerjaan ini memberikan jasa akuntan untuk setiap pengguna jasa, bisa berupa badan usaha misalnya. Lingkup kerjanya pun cukup luas, meliputi audit, pemeriksaan dan pembuatan laporan keuangan, membantu di sektor perpajakan, hingga memberikan saran dan masukan untuk pihak manajemen. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa kantor akuntan publik (KAP) yang cukup bergengsi, misalnya 4 firma akuntansi terbesar di dunia: Deloitte, PwC, Ernst & Young, dan KPMG. Bicara soal gaji, seorang akuntan publik dengan status fresh graduates biasanya bisa mengantongi mulai dari 5 juta per bulan. Apa kamu bercita-cita untuk bekerja di The Big Four?

Auditor
Selain bekerja di kantor akuntan publik dan menangani klien, para lulusan akuntansi juga bisa bekerja sebagai akuntan internal. Akuntan internal merupakan seorang akuntan yang bekerja untuk satu perusahaan, bukan dengan klien atau pengguna jasa di luar perusahaan tempatnya bekerja. Salah satu posisi yang tersedia yaitu sebagai auditor. Posisi ini memiliki tanggung jawab untuk meninjau dan memperbaiki laporan keuangan perusahaan, serta memberikan saran perbaikan terkait operasional perusahaan yang berkaitan dengan regulasi keuangan. Dibandingkan dengan auditor yang bekerja di KAP, auditor internal cenderung memiliki gaji yang lebih tinggi, yaitu mulai dari 6 jutaan per bulan di tahun pertama.

Analis Keuangan
Lebih dari sekadar memeriksa angka, seorang analis juga harus pandai dalam membaca data dan mengambil keputusan terkait masalah keuangan. Analis keuangan diharapkan memiliki pemahaman mendalam seputar faktor-faktor yang terkait kondisi ekonomi perusahaan, seperti program investasi, perkiraan prospek ekonomi, hingga penyusunan strategi keuangan suatu lembaga. Pendalaman profesi ini bisa ditempuh dengan mengikuti program sertifikasi profesional untuk mendapatkan gelar CFA atau Certified Financial Analyst.

Konsultan Pajak
Perpajakan merupakan salah satu cabang peminatan di kuliah jurusan akuntansi. Nah, jika kamu memilih peminatan satu ini, kamu bisa menempuh karier yang berkaitan dengan pajak, misalnya sebagai konsultan pajak. Konsultan pajak bertanggung jawab untuk memberikan jasa konsultasi terkait perpajakan. Pihak yang menerima konsultasi tak lain tak bukan adalah para wajib pajak, yang akan melaksanakan kewajibannya untuk membayar pajak sesuai aturan undang-undang.

Untuk bisa mendapatkan izin praktik sebagai seorang konsultan pajak, ada ujian sertifikasi konsultan pajak atau USKP yang perlu dilalui. Ujian ini diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia. Siapa pun yang telah lulus ujian ini akan mendapatkan sertifikasi profesional BAP atau Bersertifikat Akuntan Pajak.

Perencana Keuangan
Satu lagi lingkup pekerjaan lulusan akuntansi yang menjual jasa yaitu perencana keuangan. Pekerjaan ini memungkinkanmu untuk memberi saran terkait berbagai rencana keuangan. Terdengar simpel, tapi nyatanya ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan untuk membuat perencanaan keuangan yang baik. Beberapa faktor di antaranya yaitu kondisi ekonomi, gaya hidup, penghasilan, tujuan hidup, prioritas, serta tujuan finansial. Tidak haya selesai dengan memberi saran, seorang perencana keuangan juga akan memantau dan memonitor kondisi finansial klien serta memberikan solusi saat ada masalah yang muncul.

Akuntan Pemerintah
Kamu yang memiliki cita-cita untuk menjadi pegawai negeri tidak perlu khawatir untuk mengambil jurusan akuntansi. Nyatanya, berbagai instansi pemerintahan di berbagai tingkat juga membutuhkan jasa seorang akuntan. Salah satu lembaga pendidikan pemerintah yang terkenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN. Dengan menempuh pendidikan di sini, kamu akan dijamin bisa bekerja di berbagai kementerian dan lembaga pemerintah, seperti Kemenko Perekonomian, Kemenko Maritim, Kementerian Perhubungan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian PAN RB, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan juga Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Tenaga Pendidik
Kamu yang punya jiwa mengajar tinggi juga bisa lho menjadi tenaga pendidik, seperti dosen ataupun pembawa materi pelatihan seputar akuntansi dan keuangan misalnya. Sebagai pendidik, tugas utama yang harus dijalani yaitu untuk menyampaikan materi pelatihan kepada mahasiswa dan tamu seminar. Selain itu, tenaga pendidik juga bisa berperan sebagai konsultan terkait isu dan masalah ekonomi yang sedang beredar.

Nah, itu dia berbagai prospek kerja dari lulusan akuntansi.

Baca Juga : 

Posted on: September 28, 2019, by :