Sekolah Vokasi IPB Persiapkan Mahasiswanya Jadi Jurnalis Kompeten

Sekolah Vokasi IPB Persiapkan Mahasiswanya Jadi Jurnalis Kompeten

Sekolah Vokasi IPB Persiapkan Mahasiswanya Jadi Jurnalis Kompeten

Sekolah Vokasi IPB Persiapkan Mahasiswanya Jadi Jurnalis Kompeten
Sekolah Vokasi IPB Persiapkan Mahasiswanya Jadi Jurnalis Kompeten

Persiapkan calon jurnalis yang kompeten, Mahasiswa semester 3 Program Keahlian Komunikasi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB)menggelar Seminar Jurnalistik bertajuk “Journalist Starting Point 2018”, Minggu (9/12), di Pajajaran Suites Hotel, Bogor.

Dr. Ir. Wahyu Budi Priyatna, M.Si, Koordinator Program Keahlian Komunikasi mengatakan seminar

tahunan ini juga dalam rangka sebagai tugas akhir mata kuliah Event Organizer. Dr. Wahyu mengakukhawatir dengan realita peran kualitas media masa kini yang belum mampu menjadi salah satu pilar yang benar bagi pembangunan bangsa.

“Saya berharap dengan adanya seminar jurnalistik ini dapat menambah wawasan yang dapat berdampak positif bagi mahasiswa,” ujar beliau.

Arbain Rambey, fotografer jurnalistik senior di media Kompas menyampaikan teknik fotografi.

“Ngefoto bisa jadi gampang dan Anda semua bisa menjadi seorang fotografer jurnalistik,”

ungkap Arbain. Arbain menampilkanklasifikasi, unsur, dan kisah perancangan foto diselingi dengan penampilan hasil foto yang membuat peserta acara semakin tervisualisasi.

“Tidak ada foto dalam foto jurnalistik yang tidak dirancang sebelumnya,” ujar Arbain. Di akhir sesi, tiga peserta beruntung dapat merasakan pengalaman langsung mengambil foto dengan didampingi langsung oleh Arbain sendiri.

Rahma Hayuningdya, News Anchor dariNetTV secara atraktif menjabarkan industri kreatif

seputar pembuatan acara televisi berbasis berita mulai dari praproduksi yang berkutat pada rapat perencanaan, produksi yang turun langsung di lapangan, sampai pascaproduksi dengan serba-serbi penyuntingannya.

“Reporter saat liputan itu bagaikan belanja. Mencari bahan-bahan harus segar, sehingga beritanya mau dibuat apapun tetap enak,” kata Rahma. Rahma juga mengingatkan agar mahasiswa aktif berorganisasi sehingga bisa merasakandinamika yang terjadi di tengah masyarakat. “Makin banyak mengenal orang maka makin banyak referensi perspektif yang meningkatkan kreativitas.”

Sementara itu, Djati Darma membawa materi seputar ilmu penyampaian berita sebagai News Anchor korporasi Surya Citra Televisi (SCTV).

Djati mengatakan bahwa seorang news anchor tidak hanya bertanggung jawab membawakan berita, melainkan merencanakan dan mengarahkan alur acara. Djati juga menambahkan poin penting pada suara seorang news anchor adalah microphonic voice, artikulasi yang jelas, variasi intonasi, dan tenaga suara yang terjaga.

“Penyampaian berita harus jelas dan tepat sasaran,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Bogor, Ir. Usmar Hariman mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. “Saya mengucapkan terima kasih sudahdiundang dan menambah wawasandalam acara ini,” ujarnya

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/

Posted on: September 13, 2019, by :