Mahasiswa IPB Terima Bantuan Beasiswa Jasfren

Mahasiswa IPB Terima Bantuan Beasiswa Jasfren

Mahasiswa IPB Terima Bantuan Beasiswa Jasfren

Mahasiswa IPB Terima Bantuan Beasiswa Jasfren
Mahasiswa IPB Terima Bantuan Beasiswa Jasfren

 

Sebanyak 50 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan ke-55 menerima beasiswa Jasa Raharja Friend (Jasfren) berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya hidup dan biaya asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bagi yang berprestasi dan kurang mampu selama satu tahun dari PT. Jasa Raharja dan Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI), Rabu (12/12) di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Bantuan biaya hidup untuk masa transisi pasca bencana gempa tsunami sebesar Rp 5 juta per orang

juga diberikan kepada 82 mahasiswa IPB (D3,S1, S2 dan S3) asal Palu, Donggala dan sekitarnya.

Rektor IPB, Dr. Arif Satria mengatakan kebanyakan orang, mengenyam bangku kuliah masih terbilang mimpi karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan dari awal hingga lulus kuliah.
”Akan tetapi jangan khawatir, salah satu cara mengatasi masalah itu adalah melalui beasiswa. Beasiswa ini penting, di IPB dulu orang kaya dan orang mampu membayar sama “itu tidak adil”. Sekarang kita ubah dengan sistem berkeadilan. IPB sekarang menganut kampus rakyat yang berkeadilan. Dimana orang kaya membayar mahal dan orang tidak mampu membayar murah, untuk mensubsidi silang orang yang tidak mampu. Sebanyak 53 persen mahasiswa IPB yang berasal dari keluarga kurang, sedangkan orang tua yang kondisi ekonominya mampu yang sesuai UKT hanya delapan persen,” ungkap Rektor IPB.

Rektor IPB menegaskan, para pimpinan IPB ingin mencari keberkahan dengan

menerima mahasiswa yang tidak mampu, maka IPB justru merupakan kampus yang mengentaskan kemiskinan.
Dikarenakan orang tua yang dulunya pas-pasan setelah anaknya kuliah di IPB kemudian lulus dapat pekerjaan yang bagus sehingga mengangkat derajat keluarganya menjadi lebih sejahtera.

Rektor IPB menambahkan, tantangan IPB yakni menjadikan orang yang tidak mampu menjadi orang yang lebih hebat dari orang kaya.
“Jadi, kamu yang bermimpi untuk masuk perguruan tinggi tetapi dana terbatas, jangan patah arang dulu untuk kuliah. Perguruan tinggi baik negeri dan swasta, sudah menyediakan berbagai macam beasiswa. Ini merupakan penghargaan bagi pelajar atau mahasiswa berprestasi dan orang yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan dengan kemampuan ekonomi minim,” Rektor IPB

Direktur Keuangan PT. Jasa Raharja, Myland menyampaikan pemberian beasiswa ini

untuk mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang gemilang, mencetak mahasiswa yang handal.
Bukan saja dari sisi akademis yang menjadikan mereka berprestasi dari segi pendidikan, tetapi juga cerdas untuk membuahkan pemikiran langkah maupun inovasi dengan tetap mengedepankan sisi kearifan lokal yang ada serta bersama-sama saling berlomba menorehkan peran penting bagi kemajuan bangsa.
“Kami berharap semoga kerjasama IPB, PT. Jasa Raharja dan YAPI dapat terus berlanjut. Kami berharap beasiswa dari Jasfren ini menjadi pintu masuk bagi mahasiswa IPB terus berprestasi dan berkarir lebih maju,” kata Myland.
Sementara Ketua YAPI, Heri Sunaryadi menjelaskan, kegiatan pemberian beasiswa Jasfren ini merupakan bantuan langsung dari PT. Jasa Raharja yang dikelola oleh YAPI untuk peduli kepada dunia pendidikan melalui Program Unggulan Generasi Gemilang Indonesia.
“Dengan mendapatkan beasiswa ini semoga para mahasiswa IPB dapat mempertahankan prestasinya bahkan memacu lebih tinggi,” kata Heri.

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/

 

Posted on: September 13, 2019, by :