Pengertian Proses Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Proses Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Proses Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Proses Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian proses sosial

Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dilihat apabila orang-perorangan dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentu-bentuk hubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya pola-pola kehidupan yang terlah ada. Proses sosial dapat diartikan sebagai pengaruh timbale-balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh-mempengaruhi antara sosial dengan politik, politik dengan ekonomi, ekonomi dengan hukum, dst.

Menurut Selo Soemardjan, proses sosial adalah hubungan timbal balik antara manusia (individu) dengan berbagai segi kehidupan bersama. Oleh karena itu, proses sosial memiliki pengertian yang cukup luas, di mana di dalamnya mencakup hubungan timbal balik antara manusia dengan segi ekonomi, manusia dengan budaya, manusia dengan politik, dan juga antara manusia dengan manusia lainnya di dalam suatu kelompok masyarakat.

Proses sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Identifikasi, yaitu kecenderungan dan keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Proses ini dapat berlangsung secara sengaja ataupun tidak disengaja. Contoh:
  2. Sugesti, yaitu sikap menerima suatu pandangan atau pemikiran dari pengaruh pihak lain. Contoh: orang yang lagi tertimpa masalah cenderung lebih mudah tersinggung.
  3. Simpati, yaitu suatu proses seseorang yang merasa tertarik pada sesuatu atau pihak lain yang biasanya bersifat subyektif. Contoh: seorang menyukai pelajaran sosiologi karena gurunya cantik.
  4. Imitasi, yaitu suatu proses menirukan tindakan, nilai, dan norma yang ada pada pihak lain oleh suatu individu atau kelompok sosial. Contoh: meniru gaya hidup seorang guru yang kamu sukai.

Proses sosial erat kaitannya dengan interaksi sosial, Bentuk umum proses sosial adalah interaksi sosial(yang juga dapat dinamakan sebagai proses sosial) karena interaksi sosial merupakan syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia. Interaksi sosial antara kelompok-kelompok manusia terjadi antara kelompok tersebut sebagai suatu kesatuan dan biasanya tidak menyangkut pribadi anggota-anggotanya.

Interaksi sosial terbagi menjadi dua

  • Interaksi langsung

Interaksi langsung adalah interaksi yang di lakukan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok yang dilakukan secara langsung bertatap muka (face to face). Contoh : proses belajar mengajar.

  • Interaksi tak langsung

interaksi tidak langsung adalah interaksi yang dilakukan dengan menggunakan perantara orang ketiga atau melalui media lain seara tidak langsung. Contoh : Budi tidak dapat masuk kelas karena sakit, Budi mengirimkan surat kepada guru melalui temannya.

Menurut gilin dan gilin ada dua macam proses sosial yang timbul sebagai akibat adanya interaksi sosial,yakni :

Proses-proses yang asosiatif yang terbagi menjadi 4

  1. Kerjasama (cooperation), yakni suatu bentuk usaha bersama antara beberapa orang atau antar beberapa lembaga tertentu untuk mencapai suatu tujuan bersama.
  2. Akomodasi (accomodation), yakni suatu proses atau upaya yang dilakukan untuk meredakan konflik atau ketegangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Asimilasi (accimilation), yakni suatu upaya untuk meningkatkan kesatuan tindakan,sikap, dan proses proses mental dengan memperhatikan kepentingan dan tujuan bersama.
  4. Adaptasi (adaptation), yaitu prose penyesuaian diri yang dilakukan individu atau suatu kelompok yang sebelumnya mengalami konflik atau pertentangan dalam rangka mengurangi ketegangan konflik yang terjadi.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa proses sosial merupakan suatu cara berhubungan antar sesama manusia sebagai makhluk sosial dan merupakan suatu cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok masyarakat saling bertemu dan menentukan sistem atau aturan agar proses komunikasi bersamaberjalan dengan baik. Sedangkan interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial serta merupakan bentuk umum dari proses sosial.

Pengertian perubahan sosial

Perubahan sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

Berikut beberapa Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli :

  1. William F.Ogburn mengemukakan bahwa “ruang lingkup perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.”
  2.  Kingsley Davis mengartikan “perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.”
  3. MacIver mengatakan “perubahan-perubahan sosial merupakan sebagai perubahanperubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.”
  4. JL.Gillin dan JP.Gillin mengatakan “perubahan-perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, idiologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.”
  5. Samuel Koenig mengatakan bahwa “perubahan sosial menunjukkan pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia”.
  6. Selo Soemardjan mengatakan perubahan sosial adalah semua perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, dan mencakup didalamnya nilai-niai dan pola-pola perilaku diantara kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat.
  7. Bruce C. Cohel mengemukakan bahwa Perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dan perubahan pada organisasi sosial. Syarat utama dalam perubahan itu adalah sistem sosial dalam pergaulan hidup yang menyangkut nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat.

Contoh-contoh perubahan sosial :

  • Contoh perubahan sosial secara lambat (evolusi)

· Perkembangan industri
· Penggunaan komputer
· Penggunangan kapal terbang

  • Contoh perubahan sosial cepat

· Revolusi Perancis
· Revolusi Vietnam
· Revolusi pesawat terbang

  • Contoh perubahan sosial kecil

· Mode rambut
· Mode pakaian
· Mode sepatu

  • Contoh perubahan sosial besar

· Perubahan kepala negara
· Perubahan susunan kabinet
· Perubahan sistem pemerintahan

 

  • Contoh perubahan yang tidak direncanakan

· Mode rambut
· Revolusi
· Cara bicara

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah modifikasi atau semua perubahan yang terjadi pada masyarakat yang kemudian mempengaruhi sistem sosial yang disebabkan beberapa faktor seperti perubahan geografis.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/

Posted on: July 26, 2019, by :