Bahaya Kandungan Merkuri dan Hidrokinon dalam Kosmetik

Bahaya Kandungan Merkuri dan Hidrokinon dalam Kosmetik

Bahaya Kandungan Merkuri dan Hidrokinon dalam Kosmetik

Bahaya Kandungan Merkuri dan Hidrokinon dalam Kosmetik
Bahaya Kandungan Merkuri dan Hidrokinon dalam Kosmetik

Merkuri

Merkuri merupakan unsur yang sangat jarang dalam kerak bumi, dan relatif terkonsentrasi pada beberapa daerah vulkanik dan endapan-endapan mineral biji dari logam-logam berat. Merkuri digunakan pada berbagai aplikasi seperti amalgam gigi, sebagai fungisida, dan beberapa penggunaan industri termasuk untuk proses penambangan emas. Dari kegiatan penambangan tersebut menyebabkan tingginya konsentrasi merkuri dalam air tanah dan air permukaan pada daerah pertambangan. Elemen air raksa relatif tidak berbahaya kecuali kalau menguap dan terhirup secara langsung pada paru-paru.

 

Methyl mercury dapat dibentuk oleh bakteri pada endapan dan air yang bersifat asam.

Ion merkuri anorganik adalah bersifat racun akut. Methyl mercury terakumulasi pada rantai makanan, sebagai contoh adalah merkuri bisa masuk ke dalam tubuh manusia dengan mengkonsumsi ikan yang hidup pada perairan yang tercemar merkuri.

Dari survei efek bahaya, merkuri ini adalah bersifat racun bagi semua bentuk kehidupan, dan bersifat lambat untuk dikeluarkan dari tubuh manusia. Methyl mercury beracun 50 kali lebih kuat daripada merkuri anorganik.

           Menurut Peraturan Menteri Kesehatan, kadar merkuri maksimum di dalam air adalah 0,001 mg/l.

Bahaya Merkuri pada Kosmetik:

  1.      Pemakaian kosmetik yang mengandung Merkuri dapat mengakibatkan
  2.     Dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan   Mandul)
  3.     Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).
  4.     Efek REBOUND yaitu memberikan respon berlawanan (KULIT AKAN MENJADI   GELAP/KUSAM SAAT PEMAKAIAN KOSMETIK DIHENTIKAN).
  5.     Bagi Wajah yang tadinya bersih lambat laun akan timbul flek yang sangat parah (lebar).
  6.     Dapat mengakibatkan kanker kulit.

 

             Unsur merkuri yang ada di kosmetik akan diserap melalui kulit, kemudian akan dialirkan melalui darah keseluruh tubuh dan merkuri itu akan mengendap di dalam ginjal yang berakibat terjadinya GAGAL GINJAL YANG SANGAT PARAH. (BISA MENYEBABKAN KEMATIAN) Merkuri dalam krim pemutih (yang mungkin tidak tercantum pada labelnya) dapat menimbulkan keracunan bila digunakan untuk waktu lama.

         Walau tidak seburuk efek merkuri yang tertelan (dari makanan ikan yang tercemar), tetap menimbulkan efek buruk pada tubuh. Kendati cuma dioleskan ke permukaan kulit, merkuri mudah diserap masuk ke dalam darah, lalu ,memasuki system saraf tubuh. Manifestasi gejala keracunan merkuri akibat pemakaian krim kulit muncul sebagai gangguan system saraf, seperti tremor (gemetar), insomnia (tidak bisa tidur), pikun, gangguan penglihatan, ataxia (gerakan tangan tak normal), gangguan emosi, depresi dll.

 

Hidrokuinon

             Hidrokuinon (Hydroquinone) termasuk golongan obat keras dan masuk golongan senyawa kimia yang bersifat larut air, dan banyak sekali dipakai pada kosmetik berbahaya. Hidrokinon banyak digunakan pada produk kosmetik, karena sifatnya sebagai antioksidan, berperan dalam proses penghambatan melanogenesis (proses pembentukan melanin) sehingga mengurangi warna gelap pada kulit. Namun demikian tetap tidak bisa merubah  kosmetik berbahaya menjadi layak digunakan dengan pengaruh positifnya tersebut. Bahaya kosmetik berbahan kimia kadang lebh buruk dari yang dibayangkan.

            Dalam dunia industri hidrokinon digunakan untuk pewarna rambut, cat kuku, senyawa untuk produksi cat, bahan bakar minyak serta pernis, dan banyak sekali pada produk kosmetik berbahaya.

Dampak minimal dari hidrokinon adalah iritasi dan kulit terbakar. Namun yang paling mengerikan pada pemakain kosmetik berbahaya adalah munculnya sejumlah penyakit, seperti Vitiligo (pigmen kulit hilang sehingga terbentuk area putih seperti panu) hingga Okronosis atau kulit yang berubah hitam atau biru. Banyak sekali forum female ataupun artikel herbal yang membahas masalah ini.

 

Bahaya Hidrokinon pada kosmetik:

  1. Iritasi Kulit
  2. Kulit menjadi menjadi merah dan terasa terbakar
  3. bercak – bercak hita
  4. Kelainan ginjal
  5. Kanker darah
  6. Kanker sel hati

Sumber : https://icanhasmotivation.com/contoh-makalah-kerangka-karangan/

Posted on: June 25, 2019, by :