Teknologi Head-Up Displays Systems

Teknologi Head-Up Displays Systems

Teknologi Head-Up Displays Systems

Teknologi Head-Up Displays Systems

Definisi Head-up display, atau disingkat HUD :

Setiap tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa. Asal usul nama berasal dari pengguna bisa melihat informasi dengan kepala “naik” (terangkat) dan melihat ke depan, bukan memandang miring ke instrumen yang lebih rendah.

  1. Sejarah Head-Up Displays System :

Head-Up Displays pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an, dengan adanya teknologi reflektif gunsight pada perang dunia ke dua. Saat itu, suatu tembakan dihasilkan dari sumber listrik yang diproyeksikan ke sebuah kaca. Pemasangan proyektor itu biasanya dilakukan pada bagian atas panel instrumen di tengah daerah pandang pilot, antara kaca depan dan pilot sendiri.

Head-Up Displays terbagi menjadi 3 generasi yang mencerminkan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan gambar, yaitu:

  • Generasi Pertama  : Gunakan CRT untuk menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari degradasi dari waktu ke waktu dari lapisan layar fosfor. Mayoritas HUDs beroperasi saat ini adalah dari jenis ini.
  • Generasi Kedua : Gunakan sumber cahaya padat, misalnya LED, yang dimodulasi oleh sebuah layar LCD untuk menampilkan gambar. Ini menghilangkan memudar dengan waktu dan juga tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk sistem generasi pertama. Sistem ini pada pesawat komersial.
  • Generasi Ketiga : Gunakan waveguides optik untuk menghasilkan gambar secara langsung dalam Combiner daripada menggunakan sistem proyeksi.

Type-type Head-Up Displays

Helmet mounted displays (HMD) secara teknis memiliki bentuk HUD, perbedaan nya adalah mereka menampilkan elemen tampilan yang bergerak sesuai dengan orientasi dari si pengguna helmet tersebut.

Teknologi Head-Up Displays

  • CRT (Cathode Ray Tube)
  • Refractive Head-Up Displays
  • Reflective HUD
  • System Architecture
  • Display Clutter

Faktor Perancangan Head-Up Displays :

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika merancang sebuah HUD, yaitu:

  1. 1      Bidang Penglihatan : Karena mata seseorang berada di dua titik berbeda, mereka melihat dua gambar yang berbeda.

5.2       Eyebox :  menampilkan hanya dapat dilihat sementara mata pemirsa dalam 3-dimensi suatu daerah yang disebut Kepala Motion Kotak atau “Eyebox”.

5.3       Terang/Kontras : harus menampilkan pencahayaan yang diatur dalam dan kontras untuk memperhitungkan pencahayaan sekitarnya, yang dapat sangat bervariasi (misalnya, dari cahaya terang awan malam tak berbulan pendekatan minimal bidang menyala).

5.4       Menampilkan Akurasi : HUD komponen pesawat harus sangat tepat sesuai dengan pesawat tiga sumbu – sebuah proses yang disebut boresighting – sehingga data yang ditampilkan sesuai dengan kenyataan biasanya dengan akurasi ± 7,0 milliradians.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11138-rumus-kuartil-desil-persentil

Posted on: June 12, 2019, by :