Festival Indonesia Menggugat 3 Pekan Literasi Kebangsaan

Festival Indonesia Menggugat 3 Pekan Literasi Kebangsaan

Festival Indonesia Menggugat 3 Pekan Literasi Kebangsaan

Festival Indonesia Menggugat 3 Pekan Literasi Kebangsaan
Festival Indonesia Menggugat 3 Pekan Literasi Kebangsaan

BANDUNG-Berbagai komunitas literasi di Bandung hadir untuk meramaikan Festival Indonesia

Menggugat yang ketiga dengan mengangkat tema Pekan Literasi Kebangsaan. Acara ini diselenggarakan di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5 Bandung, mulai 1–7 Desember 2016.

Acara ini menjadi ajang tahunan bagi berbagai komunitas literasi di Bandung. Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong dari berbagai komunitas, Pekan Literasi Kebangsaan ini digelar dan diisi dengan serangkaian acara.

Ajang ini diharapkan menjadi titik simpul bagi komunitas literasi di Bandung. Keberadaan

berbagai komunitas ini akan menjadi catatan penting untuk merekam kondisi komunitas literasi saat ini. Sekaligus mendiskusikan berbagai tantangan dan perkembangannya ke depan.

Pekan Literasi Kebangsaan ini menghadirkan 20 penerbit alternatif, 20 komunitas dan 8 Kedai Kopi. Selama sepekan, acara Pekan Literasi Kebangsaan ini akan diputar berbagai film dokumenter, launching buku-buku baru, pelatihan menulis, bincang-bincang komunitas se-Bandung dan pertunjukan seni budaya. Termasuk menghadirkan berbagai penulis dan pembicara. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

Berbagai penerbit alternatif ini antara lain, Ultimus, Resist Book, Marjin Kiri, Circa

, Komunitas Bambu, Indie Book Corner, Matabangsa, Svantantra, Lawangbuku, Katarsisbook, Jaringan Buku Alternatif OAK, Kebul Buku, Hars Distribution, Kenjtapress Ciamis, Banana Publisher, Teras Buku, Lumbung Buku, EA Books, dan Langgam Pustaka Tasik.

Untuk komunitas, di antaranya Komunitas Aleut, Kamisan Bandung, Majelis Sastra Bandung, Jakatarub, Perpustakaan Apresiasi, Walhi Jabar, Perpustakaan Jalanan Bandung, Layar Kita, Buruan.co, Kabarkampus, Perpustakaan Zine Bandung, Asian African Reading Club, dan lain-lain.

Untuk kedai kopi, di antaranya, Garasi Merdesa, Das Kopital, Kaka Café, Kedai Kopi Congress KPRI, Communal, Kedai Preanger, Daily Routine dan The Social Club Coffee.

Acara ini akan dibuka dengan menghadirkan keynote speaker, Dr. Hawe Setiawan dengan mengangkat tema Literasi, Kebudayaan dan Kebangsaan pada tanggal 1 Desember 2016, Jam 13.00 WIB. Dan diakhir acara akan ditutup oleh orasi literasi dari Muhidin M. Dahlan. Dengan tema literasi kebangsaan yang bertepatan dengan Hari Pers Kebangsaan, setiap 7 Desember. (Pun)

 

Sumber :

https://www.bloglovin.com/@robyn225/diodes-what-do-you-need-to-know

Posted on: May 12, 2019, by :