Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi

Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi

Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi

Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi
Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi

Pokok pembahasan pada kesempatan kali ini adalah tentang Struktur dan kaidah Teks Eksposisi, Eksposisi adalah teks yang isinya menjelaskan topik tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan bagi si pembaca.

 

Contoh teks eksposisi

Pendidikan Remaja

Remaja adalah masa yang dialami oleh anak-anak pada saat SMP. Masa ini merupakan masa transisi dimana dimulai,mulai umur 10 hingga 21 tahun. Pada masa itu remaja juga sedang mencari identitas dirinya. Pada masa ini remaja harus mendapatkan pendidikan karakter agar menjadi generasi yang jujur,kreatif,peduli,santun, dan percara diri.

Pada masa remaja merupakan masa sulit karena butuh pengendalian diri yang lebih daripada saat masa anak-anak. Dalam masa ini remaja butuh orang dewasa untuk mengarahkan ke perilaku positif agar tidak terpengaruh ke perbuatan negative. Jika pengendaliannya baik maka remaja bisa menjadi anak yang membanggakan orang tuanya.

Pendidikan Karakter ini dapat membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka juga diajarkan nilai religious yang dapat menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu mereka juga diajarkan nilai toleransi dan cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan agar membentuk remaja yang mempunyai sifat pengasih.

Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membuntuk remaja yang unggul, Mereka juga dapat bersaing dengan baik di tingkat nasional maupun internasional.  Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat. Nilai positif dalam pendidikan karakter juga dapat membuat kegiatan remaja terarah dan akan mempunyai budi pekerti yang baik.

Struktur Teks Eksposisi

Informatif (Bersifat menjelaskan)

Teks eksposisi bersifat menjelaskan, menguraikan, memaparkan, atau menerangkan contoh teks ulasan guru pendidikan topik tertentu kepada pembaca. Penjelasan tersebut dapat berupa definisi, proses, analisis, ilustrasi, klasifikasi, atau identifikasi.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

berisikan tema yang dituangkan dalam pendapat penulis.

Argumentasi

berisikan bukti yang mendukung atas tesis yang dirumuskan sebelumnnya

Penegasan Ulang Pendapat

berisikan kesimpulan isi teks secara menyeluruh, terdapat penegasan ulang atas tesis yang disampaikan di awal.

Jenis Eksposisi :

  1. Definisi : menjelaskan pengertian sesuatu.
  2. Proses: menjelaskan proses terjadinya, proses pembuatan, cara kerja
  3. Analisis: menjelaskan dengan menguraikan bagian bagianya
  4. Ilustrasi: menjelaskan dengan contoh contoh
  5. Klasifikasi: menjelaskan dengan cara mengelompokkan
  6. identifikasi: menjelaskan dengan cara menyebutkan ciri ciri atau identitas

Dari contoh kutipa teks eksposisi di atas termasuk jenis eksposisi ilustrasi.

Kaidah Teks eksposisi

Ada topik yang dijelaskan

Sebagai Teks bersifat informatif, tentu ada topik yang dijelaskan sehingga dapat menambah wawasan atau pengetahuan bagi pembacanya. Penjelasan tersebut bisa disertai dengan fakta, data,

contoh, tabel, bagan atau grafik sehingga dapat memperjelas informasi dan mempermudah pemahaman. Pada kutipan di atas, topik yang dijelaskan adalah ” Perawatan Kaki”.

Menyajikan fakta

Teks eksposisi sering digunnakan untuk memaparkan karya karya ilmiah. Ciri utama teks ilmiah adalah selalu menampilkan sejumlah fakta.

Pada teks eksposisi, fakta digunakan untuk memperjelas informasi, sedangkan di teks argumentasi digunakan untuk menyajikan atau memengaruhi pembaca.

Bahasa

Teks eksposisi ditulis dalam berbagai bahasa baku dengan gaya bahasa yang informatif. Eksposisi tidak berusaha meyakinkan atau memengaruhi oembaca, tetapi hanya menguraikan topik dengan sejelas jelasnya agar mudah dipahami oleh pembaca.

Pronomina

Pronomina digunakan, terutama pada saat pernyataan pendapat pribadi (klaim) diungkapkan.

Kata-kata leksikal

Dalam teks eksposisi digunakan untuk mempengaruhi atau mengubah persepsi pembaca agar pembaca mengikuti atau menerima pendapat penulis teks, baik berupan nomina, verba, adjektiva (Sifat) , maupun adverbia (kata keterangan)  ( kata kata yang artinya bisa dilihat di dalam kamus ).

Posted on: February 21, 2019, by :