Tips Latih Sifat Mandiri Anak Mulai Usia Dini

Perlu bunda tahu ya, bahwasannya kemandirian anak ini tak bisa tumbuh begitu saja lho bund. Kebiasaan dari kecil nantinya akan membentuk sifat pribadi pada diri anak Anda. Maka dari itulah tak ada yang salah bila Anda inginkan anak-anak Anda nanti bisa tumbuh dengan dewasa dan juga mandiri adalah dengan cara bersikap yang lebih menyenangkan mulai sejak dini. Juga diperlukan latihan yang dilakukan secara rutin dan teratur, supaya anak Anda akhirnya tumbuh mandiri.

Tips Latih Sifat Mandiri Anak Mulai Usia Dini
Tips Latih Sifat Mandiri Anak Mulai Usia Dini

Dan di bawah ini adalah beberapa cara atau pun tips untuk latih anak tercinta agar mandiri sejak usia dini yang patut Anda contoh. Mari simak penjelasan selengkapnya yang kami rangkumkan berikut ini.

 

Tips latih sifat mandiri anak mulai usia dini

Membuat daftar aktifiats untuk anak

Silakan Anda buat sebuah daftar aktifitas bagi anak Anda, mulai dari mengganti pakaian, menggunakan sepatu, sarapan, sampai membuat pekerjaan rumah atau PR. Tak selalu membantunya ya bund, akan tetapi di sini Anda cukup mendampingi anak Anda saja. Beri anak Anda kesempatan untuk coba beberapa hal baru dengan sendiri. Lakukan dengan sabar tak perlu emosi atau pun memarahinya.

Memberikan semangat

Silakan Anda beri pengertian pada anak Anda, bahwasannya dia sudah cukup besar untuk lakukan aktifitasnya sendiri. Jangan lupa juga untuk memberi pujian bahwasannya sih kecil sudah berhasil lakukan tugasnya dengan baik dan bisa mandiri. Hal yang demikian ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak Anda.

Menentukan target

Pada saat Anda melatih anak untuk bisa mandiri, maka Anda bisa mengusahakan untuk membuat sebuah target berapa hal yang bisa dia lakukan sendiri. Urutkan saja berdasarkan prioritas pekerjaan apa yang anak Anda harus segera selesaikan dan tak perlu menunggu yang terlalu lama.

Membantu pada saat anak kesulitan

Bantu pada saat anak Anda merasa kesulitan tak akan menjadikannya bersikap manja dan juga selalu bergantung pada Anda. Hindarilah memarahi sih kecil ketika berbuat kesalahan. Sebab hal satu ini akan membuatnya jadi minder dan juga tidak percaya diri.

Berikan pujian

Memberi pujian atas usahanya akan menjadikan anak Anda percaya diri dan juga merasa bangga. Memberi pujian pada saat anak Anda berhasil lakukan satu tugas akan menjadikannya lebih bersemangat lagi untuk lakukannya secara mandiri.

Bunda, membantu anak untuk bersikap mandiri akan dapat tingkatkan rasa percaya diri serta tanggung jawab padanya. Hal yang demikian ini juga bisa membuatnya lebih bijak dalam mengambil suatu keputusan.

Demikianlah sekilas informasi menarik tentang tips latih sifat mandiri anak mulai usia dini yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com

Posted on: September 11, 2018, by :